School of Information Systems

Pengenalan Java ( GUI )

Pada dasarnya bahasa pemrograman java hanya dikenal dengan java console yang dimana program java ini hanya dapat dijalankan pada konsol saja. Kemudian, semakin lama Java semakin berkembang. Hingga terciptanya Java GUI ( Graphic User Interface ). Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen – komponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.

Kalau dilihat pengertian tentang GUI secara umum adalah Interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh implementasi GUI-based shell ini adalah pada sistem operasi Microsoft Windows. Berikut contoh program dengan menggunakan Java GUI :

Gambar 1.0 Contoh Java GUI

Sebelum membuat sebuah aplikasi Java GUI ini, harus mengetahui cara tata letak layout yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa tipe – tipe layout pada Java GUI antaralain

  • Flow Layout
    Menyusun komponen berdasarkan ukuran default masing-masing, dengan posisi mulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah di dalam container yang digunakan.
  • Grid Layout
    Membagi komponen dalam bentuk “rectangular grid”.
  • Border Layout
    Mengisi sebuah daerah yang berisi komponen-komponen yang berbeda pada waktu yang berbeda.
  • Card Layout
    Layout Manager ini juga melibatkan penumpukkan frame dalam permintaan yang cocok, saat memanggil fungsi Berikutnya, kerangka yang telah ditambahkan dalam urutan setelah frame yang sedang ditampilkan adalah frame berikutnya.
  • Grid Bag Layout
    Merupakan salah satu tata letak penyedia tata ketak komponen GUI pada java yang paling flexibel dan kompleks. Sehingga ini dapat mmungkinkan agi programer untuk mengatur tata letak komponen GUI dalam beberapa span baris atau kolom.  GridBagLayout menempatkan komponen dalam bentuk empat persegipanjang (sel).
  • Container
    Merupakan sebuah kelas yang digunakan untuk sebagai tempat atau wadah dalam penataan komponen GUI layout management.
Viriya Oktorian Halim Wongso