People Innovation Excellence
 

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)

Supply chain adalah jaringan untuk perusahaan menguhubungkan dengan customer atau supplier dalam melakukan transaksi yang berhubungan dengan eksternal dari perusahaan tersebut dalam berbagai bidang seperti layanan, material dan pemberian informasi. Sedangkan supply chain management adalah sebuah pengetahuan yang mengembangkan strategi untuk mengorganisasi, mengontrol dan memotivasi sumber daya yang ada dalam mendukung supply chain yang dijalankan oleh perusahaan.

SCM yang baik dapat membantu perusahaan dalam menyesuaikan kebutuhan perusahaan dengan teknologi yang ada saat ini. Banyak perusahaan yang memanfaatkan outsource organisasi yang lebih berpengalaman untuk menerapkan supply chain dalam perusahaannya, karena dapat menerapkan teknologi yang lebih baik dan lebih menghemat biaya tetapi kelemahannya adalah dapat mengurangi control dari manager pada perusahaan itu sendiri. Tujuan dari SCM adalah untuk meningkatkan tingkat kepercayaan dan kerja sama antar mitra supply chain dan untuk mengintegrasikan proses antar sistem sehingga dapat meningkatkan kemudahan kerja sama kepada mitra supply chain.

Gambar 1. Kolaborasi pada supply chain pada perusahaan

SCM Drivers

            Dalam perusahaan untuk mencapai sebuah kecocokan dan efisiensi pada competitive strategy perusahaannya dengan mitra supply chain itu sangat penting. Sebuah perusahaan dapat mengerti bagaimana cara meningkatkan kinerja dan efisiensi supply chain, perusahaan harus memiliki 4 kunci driver dalam supply chain, yaitu:

  1. Facilities

Fasilitas pada supply chain merupakan tempat dimana adanya produk yang diproduksi, disimpan dan dikirim. Fasilitas pada supply chain memiliki 2 tipe utama yaitu pada sisi produksi dan pada sisi penyimpanan. Fasilitas ini akan berpengaruh pada biaya pengiriman, tingkat responsive ke pemasaran dan jumlah inventory, karena dalam supply chain harus membutuhkan fasilitas yang mendukung karena dapat mempermudah dalam melakukan transaksi dalam perusahaan.

  1. Inventory

Inventory adalah raw materials, proses pengerjaan dan barang jadi yang dimiliki oleh perusahaan. Inventory merupakan salah satu bagian terpenting dari supply chain driver karena dengan adanya aturan pada inventory dapat mengubah efficiency dan responsive dalam mengatur supply chain karena dengan mengatur inventory dalam perusahaan supply chain dapat diatur dengan baik sehingga tidak ada yang terlewat untuk pendataannya. Pengaturan inventory yang baik itu jika inventory yang ada sama dengan yang di datakan oleh perusahaan

  1. Transportation

Transportasi pada supply chain digunakan untuk perpindahan tingkatan pada supply chain yang ada. Transportation juga penting dalam mengubah efficiency dan responsive dalam supply chain, digunakan sebagai penentu perpindahan dan route dalam pengiriman sebuah barang agar barang dapat disampaikan dengan lebih mudah dan cepat.

  1. Information

Informasi mengandung data dan menganalisis fasilitas, inventory, transportasi dan customer yang terkait dengan supply chain. Informasi merupakan kunci utama dari supply chain driver karena mengandung semua informasi yang digunakan untuk mengatur bagaimana supply chain itu akan berjalan.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close