People Innovation Excellence

Conference paper VS International journal : apa bedanya ?

Dalam dunia penelitian tentunya sudah dikenal mengenai masalah publikasi jurnal, salah satu cara untuk melakukan publikasi hasil penelitian adalah dengan membuat dokumentasi penelitian. Dokumentasi penelitian ini dapat dipublikasikan baik dalam sebuah konferensi berskala nasional atau internasional, atau juga dapat dipublikasikan lewat jurnal ilmiah.sebenarnya, apa sih perbedaan dari paper konferensi dan jurnal internasional ?

Conference paper adalah tulisan ilmiah yang diikut sertakan dalam sebuah konferensi yang diadakan oleh sebuah lembaga.  Tulisan ilmiah yang dibuat akan digabungkan dengan tulisan ilmiah dari berbagai pihak yang mengumpulkan tulisan ilmiahnya. Penelitian yang dikumpulkan dapat dipresentasikan pada saat konferensi atau hanya dimasukkan dalam prosiding konferensi.

Sedangkan jurnal ilmiah adalah sebuah kumpulan penlitian ilmiah yang telah diselesaikan dan diulas oleh reviewer dan diterbitkan secara berkala oleh badan peneliti sesuai dengan sebuah bidang pengetahuan.

Beberapa perbedaan antara jurnal ilmiah dan conference paper adalah pada saat mempublikasikan sebuah conference paper makan kehadiran pada konferensi diperlukan, baik sebagai peserta atau pembicara sedangkan untuk publikasi jurnal tidak diperlukan kehadiran dalam sebuah acara.

Perbedaan lainnya adalah seberapa panjang tulisan ilmiah yang dikumpulkan. Untuk sebuah conference paper biasanya minimal hanya 2 sampai 5 halaman sedangkan untuk sebuah jurnal tulisan ilmiah yang dikumpulkan minimal 6 halaman.

Berikut adalah beberapa pertimbangan alasan untuk memilih publikasi conference paper :

  1. Conference paper memiliki reputasi yang lebih tinggi
  2. Memiliki pengaruh yang lebih besar dan lebih mudah diakses, karena ditampilkan dalam sebuah konferensi sehingga dapat dilihat oleh banyak ahli dari berbagai bidang.
  3. Kualitas paper yang diterima lebih tinggi karena tidak sembarang tulisan ilmiah dapat diterima. Tingkat kelulusan tulisan ilmiah dalam sebuah konferensi seringnya hanya mencapai 10%.
  4. Konferensi lebih sering diadakan sedangkan jurnal memakan waktu yang lebih lama.

Berikut adalah beberapa pertimbangan alasan untuk memilih publikasi di jurnal ilmiah:

  1. Dapat menjelaskan penelitian lebih detail karena batas jumlah halaman yang lebih banyak
  2. Dilakukan pengulasan yang lebih detail dan terperinci sehingga kualitas penelitian dapat terus diperbaiki
  3. Revisi untuk hasil ulasan dapat dilakukan lebih lama karena waktu publikasi jurnal yang membutuhkan waktu lama.
  4. Memiliki tingkat penerimaan tulisan ilmiah yang lebih tinggi sehingga meningkatkan kemungkinan tulisan ilmiah yang diserahkan akan dipublikasikan.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close