School of Information Systems

Mengenal Logon pada Sistem SAP

SAP GUI dan SAP Log On

Anda dapat mengakses SAP menggunakan program front-end dengan berbagai macam desain. Namun, semua komponen SAP dapat diakses menggunakan program front-end yang umum, yaitu SAP Graphical User Interface (SAP GUI). SAP GUI merupakan program standar untuk mengakses hampir semua SAP solution. Beberapa varian SAP GUI tersedia; varian ini semuanya setara secara grafik, tetapi diadaptasi untuk digunakan pada situasi yang berbeda. Agar lebih simple, terdapat deskripsi tambahan yang berhubungan dengan SAP GUI untuk Windows.

Untuk memulai SAP GUI, SAP menyediakan program lain, yaitu SAP Log on. Saat anda memanggil SAP Logon, maka window akan menampilkan list SAP system dimana anda dapat melakukan logon.

Proses Logon

Sebelum anda logon untuk pertama kali, system administrator akan memberikan password default. Pada saat proses logon, anda harus memasukkan password baru yang hanya anda ketahui sendiri. Setelahi tu, gunakan password yang telah anda buat setiap logon.

Program SAP Logon

Logon ke sistem SAP

Multiple Logon & Multiple Sessions

Ada 2 cara untuk membuka SAP, yaitu dengan menggunakan multiple logon atau multiple session. Jika menggunakan multiple logon, maka sistem akan membuatkan logon baru untuk user. Anda hanya diperbolehkan logon 1 kali saja per 1 sistem SAP, jika ingin membuka banyak windows, maka dapat menggunakan multiple sessions. Dengan menggunakan multiple session, anda dapat membuka beberapa window pada komputer yang sama.

Multiple Sessions

Sistem SAP dapat mendeteksi apabila terjadi multiple logon untuk alasan keamanan dan lisensi. Terdapat beberapa warning yang muncul apabila anda melakukan multiple logon:

  1. Continue with this logon and end any other logons of this user in the system.
  2. Continue with this logon without ending any other logons in the system (this is tracked).
  3. Terminate this logon.

Anda dapat membuat session baru kapan saja. Ini sangat berguna saat anda ingin menyelesaikan sebuah transaksi, tetapi membutuhkan informasi untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Namun, jika anda membuka terlalu banyak session, maka sistem dapat menjadi lambat.

Evelyn Pricilia