People Innovation Excellence

Berkarir Sebagai Konsultan SAP?  

Perkembangan dunia teknologi saat ini mau tidak mau menuntut kita untuk terus belajar dan bersaing dalam dunia pekerjaan. Salah satunya di Consulting firm. Bagi anda yang berkuliah di bidang IT related major, mungkin sering mendengar istilan bekerja sebagai konsultan di bidang IT. Salah satunya yang akan saya bahas di artikel ini adalah Berkarir sebgai konsultan SAP. Apa itu SAP? Kenapa Konsultan SAP? Apasih keuungulan bekerja konsultan SAP? Semua akan saya bahas di artikel ini.

Apa itu SAP?

SAP (System Application and Product in data processing) merupakan software Enterprise Resources Planning (ERP), yaitu suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif.

SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi/terhubung yang satu dengan lainnya.

Yaa, singkatnya SAP adalah sebuah software canggih yang membantu perusahaan untuk melakukan operasional bisnis mereka sehari-hari

Kenapa SAP?

Kenapa SAP? SAP telah banyak digunakan oleh perusahaan perusahaan dari yang levelnya menengah sampai perusahaan besar seperti contohnya di Indonesia: Sari Roti, Bluebird, CocaCola, Orang Tua Grup, dan banyak perusahaan besar lainnya di dunia yang menggunakan software buatan jerman ini

Jadi, jika kamu mempunyai mimpi untuk bekerja di perusahaan perusahaan ternama menjadi konsultan SAP sangat cocok untuk kamu pertimbangkan.

Bagaimana caraku bisa menjadi konsultan SAP?

Ada banyak cara untuk masuk ke pasar SAP. Berikut adalah beberapa yang bisa kita bayangkan. Mendapatkan Pelatihan & Sertifikasi SAP. Pilihlah modul SAP dan dapatkan sertifikasi dari mitra pelatihan SAP yang berwenang. Pelatihan SAP itu mahal, tapi itu layak sebagai investasi

Bergabunglah dengan perusahaan konsultan Jika Anda memiliki pengetahuan bisnis / domain yang bagus (dan ingin belajar SAP?), Anda dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan perusahaan konsultan TI seperti IBM, Deloitte, Infosys, Metro Data, dan Accenture sebagai konsultan junior.

Bergabung sebagai Trainee atau Support SAP Anda dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan perusahaan yang menerapkan SAP dan bekerja sebagai Trainee atau personil pendukung. Perusahaan kemudian dapat mensponsori sertifikasi dan pelatihan SAP Anda. Caranya di sini adalah mencari perusahaan seperti itu dan meyakinkan mereka untuk mempekerjakan Anda

Bergabunglah dengan SAP Project sebagai orang non-SAP. Banyak proyek SAP memerlukan keahlian di luar SAP. Misalnya, banyak proyek memerlukan data konversi individual. Jika Anda ahli dalam database dan SQL, Anda mungkin mempertimbangkan untuk bergabung dalam proyek ini dan kemudian mengajari diri Anda SAP

Jenis Konsultan SAP

Jenis Konsultan SAP

1) Business/Sales Consultant: Mereka mencoba untuk memenangkan proyek – tanpa mengetahui banyak tentang SAP

2) Konsultan Fungsional SAP: Bertanggung jawab untuk menyesuaikan SAP sesuai permintaan pelanggan. Mereka berbicara dengan pengembang untuk kode program ABAP kustom sesuai kebutuhan klien.

3) Konsultan Pengembang: Mereka bertanggung jawab untuk mengkode ABAP / Java Programs

4) SAP Basis Consultant:  Membantu pemasangan, pemeliharaan dan penyetelan kinerja server dan database SAP

Di atas adalah peran konsultasi utama yang ditemukan di hampir semua proyek SAP. Bergantung pada sifat dan ukuran proyek, mungkin ada peran konsultasi lainnya seperti konsultan keamanan SAP, konsultan SAP Techno-fungsional, dll.

Gaji Konsultan SAP

Gaji konsultan SAP untuk Freash Graduate di AS adalah dari $ 48.000 sampai $ 60.000 Pertahunya dan bonusnya adalah dari $ 1.000 sampai $ 2.000.

Sedangkan di Indonesia berkisar 5-7 Juta untuk Fresh Graduate dan 20-70 Juta untuk Konsultan Senior


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close