People Innovation Excellence

Pengenalan Master pada Axure

Pengertian master yang digunakan dalam Axure adalah sebuah template yang berisikan widget-widget dan dapat digunakan secara berulang. Pemakaian secara berulang yang dimaksud adalah template tersebut dapat digunakan diberbagai halaman berbeda sesuai kebutuhan dengan isi yang tetap sama. Master dibuat dalam sebuah halaman Master dan men-drag dan drop Master pada halaman yang diinginkan, maka user akan mendapat peletakkan Master pada halaman tersebut. Cara peletakkan master dalam Axure terdapat 3 (tiga) jenis yang berbeda yang biasa disebut sebagai Drop behavior. Drop behavior ini membantu user dalam mengatur letak master yang telah dibuat.  Berikut merupakan perbedaan dalam penggunaan 3 (tiga) Drop behavior tersebut:

  1. Place Anywhere
  • Penggunaan Drop behavior ini merupakan default Drop behavior pada saat pertama kali membuat Master.
  • Peletakkan Master pada setiap halaman dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan user.
  • Salah satu contoh umum penggunaan Drop behavior ini adalah dalam peletakkan Footer.
  1. Lock to Master Location
  • Drop behavior ini digunakan untuk meletakkan Master dengan letak atau titik koordinat yang pasti dan tidak dapat diubah. Untuk mengubah posisi Master, dapat dilakukan dengan mengubah posisi yang ada di halaman Master. Posisi Master pada halaman lainnya akan secara automatis mengikuti perubahan posisi tersebut.
  • Salah satu contoh umum adalah penggunaannya pada Header.
  1. Break Away
  • Mirip dengan Place Anywhere karena peletakkan Drop behavior ini bebas sesuai dengan kebutuhan kita di halaman yang diinginkan.
  • Perbedaannya adalah Break Away memungkinkan user untuk mengubah atau melakukan kostumisasi pada widget yang ada pada Master di setiap halaman.

Beberapa manfaat dari Master yang biasa digunakan dalam pembuatan sebuah website adalah untuk membuat Header dan Footer karena peletakkan Header dan Footer adalah sama di setiap halaman. Selain Header dan Footer, penggunaan Master juga dapat digunakkan dalam hal pembuatan Raise Event atau konsep dimana user dapat membuat event sendiri untuk mempermudah pengerjaan dengan memberi nama event sendiri. Halaman Master dapat dibuat sebanyak kebutuhan yang diperlukan sebagai template.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close