People Innovation Excellence
 

Possible Jobs for Applied ERP Students

Mahasiswa Sistem Informasi akan memilih peminatan tertentu pada semester 3, salah satunya adalah peminatan applied ERP. Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah sistem yang menyediakan model pemrosesan transaksi yang terintegrasi dengan aktivitas lain dalam perusahaan (O’Leary, 2000). Menurut Sumner (2005), Sistem ERP adalah sistem skala besar, paket perangkat lunak komersil terintegrasi yang mendukung keseluruhan value chain fungsi bisnis. Kini ERP sedang popular dan diimplementasikan oleh banyak perusahaan-perusahaan besar. Mahasiswa applied ERP akan mempelajari konsep ERP itu sendiri.

LULUS PEMINATAN APPLIED ERP, MAU JADI APA YA?

Ada beberapa pekerjaan yang memungkinkan untuk mahasiswa Applied ERP, yaitu:

  1. Functional Consultant
  2. Technical Consultant
  3. ABAP Developer

FUNCTIONAL CONSULTANT

Mungkin banyak yang sudah mendengar pekerjaan sebagai functional consultant, tetapi masih banyak yang bingung sebenarnya apa yang dilakukan oleh functional consultant. Seorang functional consultant harus memahami modul yang sedang diimplementasikan oleh perusahaan , serta konfigurasi yang ada, skill utama yang dibutuhkan oleh seorang functional consultant adalah kemampuan dalam mapping kebutuhan customer dengan sistem ERP.

            Seorang functional consultant harus dapat memahami proses bisnis yang ada dan kesulitan-kesulitan yang ada pada proses bisnis tersebut. Hasil yang telah diperoleh oleh konsultan, harus didokumentasikan dan dilaporkan kepada team lead.  Terkadang functional consultant juga harus menyiapkan skrip test, karena terkadang akan dimintau ntuk melakukan testing juga. Selain itu, functional consultant juga akan berinteraksi dengan konsultan modul lainnya.

TECHNICAL CONSULTANT

Tugas technical consultant adalah berkoordinasi dengan functional consultant terkait dengan report, program custom, personalize, query dan hal-hal yang bersifat teknis lainya.

Disini seorang technical harus benar bisa menguasai SQL, programming, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan produk  ERP secara teknis.

ABAP DEVELOPER

ABAP (Advanced Business Application Programming) merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh SAP. Seorang ABAP developer bertanggung jawab dalam membuat berbagai modul SAP dengan bantuan bahasa pemrograman ABAP dan mengolahnya sesuai dengan kebutuhan client. Berbagai aspek pengembangan software seperti perencanaan, coding, implementasi, testing dan support harus dilakukan oleh mereka. Seiring berkembangnya kebergantungan pada solusi SAP oleh banyak perusahaan, peran yang dimainkan oleh SAP ABAP developer tidak dapat dipungkiri lagi karena mereka menjadi salah seorang yang mengimplementasikan ide yang dibuat oleh analis dan konsultan menjadi sebuah program enterprise yang bekerja sepenuhnya.

Referensi:

http://dynamicsteaching.com/role-responsibility-of-a-functional-consultant/

http://www.bestsampleresume.com/job-descriptions/it/abap-developer.html

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close