School of Information Systems

5 Tips Untuk Menghasilkan Ide Baru

Apa yang membuat perbedaan antara Good Idea dan Great Idea? Good Idea selalu muncul dan membantu orang memecahkan masalah kecil dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Great Idea sedikit jarang muncul dan membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk dieksekusi. Seringkali merupakan inspirasi tak terduga yang membantu kita memecahkan hal yang besar.

Tantangan besar untuk menghasilkan Great Idea adalah membebaskan diri Anda dari pemikiran konvensional dan biasa yang menguasai sebagian besar waktu otak Anda. Berikut adalah 5 tips untuk membantu Anda membuka pikiran dan merangsang ide hebat Anda.

  1. Terlibat dalam Sesi Observasi

Gagasan hebat tidak akan terjadi dalam ruang hampa. Anda perlu beberapa cara agar otak Anda berpikir dengan cara baru dan kreatif. Komit waktu ke sesi tertentu di mana Anda merangsang otak Anda untuk berpikir secara berbeda. Berpergian lah ke tempat-tempat yang jarang anda kunjungi atau ke tempat yang ramai.

  1. Bersosialisasi di Luar Lingkaran Normal Anda

Bersosialisasi dengan teman-teman lingkungan kita mungkin menjadi rutinitas sehari hari kita, namun hal itu hanya akan membatasi otak anda dalam memunculkan ide ide yang hebat. Cobalah untuk bersosialisasi dengan orang orang baru, dengan cara ini mungkin anda akan mendapatkan masukan atau ide dari hasil sosialisasi dengan orang baru.

  1. Baca lebih banyak buku

Buku sangat bagus untuk menciptakan pemikiran baru dan merangsang gagasan hebat. Untuk waktu yang lama, saya tidak banyak membaca. Ketika saya menambahkan buku bisnis ke rutinitas saya, ini membantu saya belajar lebih banyak dan mengembangkan cara berpikir saya. Tapi beberapa tahun yang lalu, saya mulai lagi membaca fiksi dan sejarah. Cerita-cerita ini benar-benar membuat saya keluar dari comfort zone dan mengaktifkan generator gagasan.

  1. Surfing Web Secara Acak

Google sangat hebat saat Anda tahu apa yang Anda cari, namun cara terbaik untuk menghasilkan ide baru adalah dengan pembelajaran yang tak terduga. Ambil satu jam setiap minggu dan jelajahi web. Mulailah dengan tombol I’m Feeling Lucky.

  1. Meditasi

Sulit untuk menemukan ide hebat saat pikiran Anda dipenuhi dengan pikiran dan kekhawatiran sehari-hari. Anda butuh tempat yang sepi. Meditasi akan membantu Anda membersihkan pikiran dari bisnis dan stres sehari-hari. Kemudian Anda dapat dengan tenang memusatkan perhatian pada masa depan Anda – atau memecahkan masalah dunia. Berkomitmen untuk sesi dua jam setiap minggu dan segera Anda akan menemukan ide baru mengalir.

Arilla Nurmoslim