People Innovation Excellence

E-Government Dan Penghematan Kertas

Salah satu dampak positif dari implementasi E-government  adalah hemat kertas. Penggunaan teknologi informasi untuk mendukung komunikasi yang dahulu hanya dilakukan dengan media tradisional “kertas” yang sudah bebas. kan pergerakan informasi untuk mengatasi batasan fisik kertas tradisional dan sistem Penggunaan teknologi untuk meningkatkan layanan pemerintah kepada warganya atau masyarakat memberikan nilai tamabah atau menguntungkan bagi masyarakat atau warga negara.  Pada definisi e-governement terlihat bahwa e-government melibatkan otomasi prosedur  atau komputerisasi berbasis non-kertas  akan mendorong gaya kepemimpinan baru, cara baru untuk berargumentasi, cara baru menentukan strategi, cara baru bertransaksi, cara baru untuk mendengarkan kritik atau saran dari warga dan masyarakat, dan cara baru mengatur dan menyampaikan informasi. Jadi pada akhirnya e-government bertujuan untuk meningkatkan akses dan penyediaan layanan pemerintah kepada warga negara nya dengan lebih baik dan lebih menguntungkan. Yang lebih penting, e-government ini bertujuan untuk membantu memperkuat dorongan pemerintah menuju pemerintahan yang efektif dan efisien, meningkatkan transparansi dalam mengelola sumber daya sosial dan ekonomi negara secara lebih baik dalam rangka pembangunan nasional. Kunci keberhasilaan e-government adalah adanya strategi jangka panjang organisasi yang terus menerus memperbaiki layanan sesaui dengan kebutuhan warganya dengan mengubah operasi internal seperti manajemen kepegawaian, teknologi, proses dan alur kerja.

Dengan demikian, e-government harus menghasilkan perbaikan layanan publik yang efisien dan cepat kepada warga negara, pelaku bisnis, pegawai pemerintah dan instansi. Bagi warga dan pelaku bisnis, e-government berarti penyederhanaan prosedur dan penyederhanaan proses persetujuan. Bagi Kepada pegawai dan instansi pemerintah, misalnya, e-government mendukung dan memfasilitasi koordinasi dan kolaborasi lintas instansi untuk memastikan pengambilan keputusan dibidangnya yang tepat dan tepat waktu. Berkaitan dengan penghematan kertas, ada banyak negara bagian di AS yang memenuhi pajak pendapatan negara setiap tahunnya dilakukan dengan mengurangi jumlah dokumen, menyederhanakan proses dan mempercepat jumlah waktu yang diajukan pajak. E-government juga membuat pelaksanaan kegiatan pemeriintah kepada warganya beralih ke proses standar atau baku, memudahkan kominikasi dan terjadinya perampingan proses. Dalam acara penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama dalam Implementasi E-Government Pemerintah Kota Surabaya dan Perizinan Terpadu Berbasis Elektronik di Balai Kota Surabaya Walikota Surabaya, Walikota Suarabaya mengatakan bahwa dari penghematan kertas saja, bisa menghemat anggaran Rp. 20 miliyar lebih.


Published at : Updated
Written By
Suroto Adi, Drs., M.Sc.. D.M.S
Lecturer Specialist – S3 | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close