People Innovation Excellence

Sistem Informasi dan cakupan aplikasinya

Sistem Informasi terdiri dari sistem dan informasi, sistem itu sendiri adalah satu kesatuan yang terdiri dari bagian yang berkaitan antara satu sama lainnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu seperti halnya suatu organisasi atau perusahaan dan informasi itu adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna dan menjadi berarti bagi penggunanya; pentingnya suatu informasi adalah untuk mengurangi ketidakpastian dalam suatu proses pengambilan keputusan. Sistem Informasi ini mencakup baik itu hardware maupun software karena sistem itu sendiri berjalan dalam sebuah aplikasi software yang menggunakan hardware sebagai wadahnya untuk menjalankan sistem tersebut, sistem informasi ini sebenarnya lebih mengarah pada lingkup bisnis dan manajemen yaitu : “bagaimana cara mengatur bisnis agar tetap terkelola dengan baik”.

Pembelajaran tentang sistem informasi ini sebenarnya saling berkaitan satu dengan yang lain, seperti menjalankan sebuah bisnis dengan menggunakan sistem untuk mengatur pola dan mengatur arus bisnis agar bisnis dapat tetap berjalan lancar, tentunya untuk menjalankan sebuah sistem dalam sebuah perusahaan memerlukan perangkat keras (hardware) yang dapat mengoperasikannya dan juga perlu adanya software pendamping jalannya sistem yang akan diterapkan. Jadi secara langsung sistem informasi ini sendiri menjadi penghubung antara teknologi informatika dan teknologi komputer, dimana menjadikan Sistem Informasi ini sendiri penting bagi penerapan hubungan Teknologi Informatika dan Teknologi Komputer. Sistem informasi berbasis komputer adalah sistem pengolahan data menjadi suatu informasi yang berkualitas dan berguna bagi penerimanya, beberapa contoh diantaranya :

  • Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sistem yang berbasis komputer yang mengolah data keuangan dalam siklus akuntansi dan menyajikannya kepada manajemen perusahaan, SIA memiliki beberapa tugas dasar diantaranya ; pengumpulan data, manipulasi data, penyimpanan data, dan penyiapan data. Contohnya suatu organisasi yang menyajikan dan mendistribusikan produk atau jasanya kepada konsumen.
  • Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi secara terpadu dan mampu mengubah data menjadi informasi utama berdasarkan ketentuan yang sudah ditetapkan.
  • Sistem Penunjang Keputusan (SPK) adalah sistem yang berbasis komputer untuk membantu pengambilan keputusan dengan memanfaatkan data untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur.
  • Sistem Informasi Strategis (SIS) adalah dukungan terhadap sistem yang ada dan membantu dalam mencapai tujuan organisasi, sistem ini dapat mempengaruhi aktivitas bisnis perusahaan dan membantunya bersaing dengan perusahaan lainnya.

Sistem Informasi ini sendiri dalam dunia perkuliahan memiliki jumlah kapasitas ketertarikan mahasiswa cukup besar daripada jurusan pesaingnya yaitu Teknologi Informatika dan Teknologi Komputer, Sistem Informasi memiliki syarat-syarat yang mudah untuk dicapai bagi siswa SMA akan tetapi mudah bukan berarti pembelajaran dari Sistem Informasi ini lebih mudah dibandingkan dengan jurusan pesaingnya. Sistem Informasi ini memiliki peranan yang sangat penting dalam perusahaan dibandingkan dengan Teknologi Informatika (TI) dan divisi lainnya dalam perusahaan; Sistem Informasi ini bertugas menganalisa bagaimana proses yang baik dan benar untuk perusahaan tersebut apabila rancangan proses yang disusun oleh pihak Sistem Informasi ini diterima dan akan diterapkan oleh perusahaan, maka perusahaan akan menugaskan bagian TI (Programmer) untuk menyiapkan aplikasi yang sesuai dengan rancangan yang akan diterapkan dalam perusahaan.

Jadi Sistem Informasi itu bukanlah jurusan buangan dari Teknologi Informatika (TI) melainkan jurusan ini adalah penentu untuk pihak programmer (TI) bergerak. Dengan adanya aplikasi teknologi informasi dalam suatu perusahaan atau organisasi akan sangat meningkatkan kinerja dari operasional dan manajemen seperti, sistem otomatisasi kantor, sistem otomatisasi pabrik, sistem pemrosesan transaksi, dan sistem manajemen database; namun sampai sekarang ini sistem informasi baru memegang peranan yang sedikit sekali dalam bidang produksi, distribusi, dan penjualan produk maupun jasa. Teknologi Informasi ini tidak dapat berjalan sendiri dan diperlukannya dukungan atau bantuan diantaranya :

  • Sumber Daya Manusia (SDM), yang merupakan para pengurus, penanggung jawab perencanaan, dan pengembangan teknologi informasi pada sebuah perusahaan dan semua staff ini bertanggung jawab dalam pengoperasiannya.
  • Teknologi, seluruh infrastruktur teknologi informasi dipergunakan secara bersama-sama dalam proses operasional perusahaan.
  • Relasi, hubungan teknologi informasi dengan pihak manajemen perusahaan sebagai pihak pengambilan keputusan.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close