People Innovation Excellence

Profesi Sistem Informasi dan bidang kerjanya

Menurut kelompok kami yang dimaksud dengan sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dengan aktivitas bisnis yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari untuk mendukung aktivitas operasi bisnis dan manajemen bisnis. Sistem informasi merupakan jembatan yang menghubungkan manusia dengan teknologi dengan bisnis tidak seperti IT yang berfokus pada teknologi saja tanpa ada campuran bisnis sama sekali. Sedangkan jurusan bisnis hanya mempelajari mengelola sebuah bisni, tapi di dalam sistem informasi teknologi dan bisnis digabungkan menjadi 1 sehingga lebih efektif dan efisien.

      Pada era globalisasi sepert saat ini hampir semua perusahaan membutuhkan teknologi informasi dalam menjalankan usahanya oleh sebab itu perusahaan perlu adanya tenaga ahli dalam sistem informasi, dan hal ini menjadi peluang bagi kami sebagai mahasiswa sistem informasi akan dibutuhkan dalam dunia kerja untuk masa saat ini hingga masa yang akan  datang. Hal ini sangatlah penting bagi bagi kami sebagai mahasiswa dimana dengan masuk ke dalam jurusan sistem informasi ini peluang kerja menjadi lebih baik dan tidak hanya bekerja di perusahaan dengan mempelajari sistem informasi maka mahasiswa lulusan jurusan sistem informasi juga dapat membuka usaha sendiri menjadi wiraswasta dan menerangkan teknologi informasi dalam usahanya.

     Prospek dari lulusan jurusan sistem informasi juga cukup banyak mulai dari software developer, system analysis, consultant information system, specializing based data, dll. Yang dipelajari oleh mahasiswa sistem informasi merupakan gabungan antara ilmu komputer, teknologi informasi, dan ilmu manajemen industri dan bisnis. Sehingga tidak sepenuhnya salah jika jurusan sistem informasi disebut jurusan gabungan antara jurusan manajemen bisnis dan teknik informatika.

         Dalam jurusan sistem informasi di Bina Nusantara University telah mendapatkan akreditasi A dan merupakan salah satu unggulan dari Universitas Swasta yang lain. Di Bina Nusantara University terdapat 5 peminatan yang dapat kita pilih mulai dari semester 4, yaitu Applied Enterprise Resource Planning, Strategic Information System, E-business, Applied Database, dan Business Intelligence.

     Kami sekelompok memilih peminatan Strategic information System karena mempelajari bagaimana menganalisis masalah-masalah yang ada di dalam perusahaan dan bagaimana mencari solusi dari masalah tersebut dengan menggunakan teknologi informasi. Strategic Information System adalah sistem yang membantu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif melalui perannya pada tujuan strategis perusahaan atau kemampuannya untuk secara signifikan meningkatkan kerja dan produktivitas dengan menggunakan teknologi informasi.

        Menurut kami fungsi sistem informasi sangatlah penting bagi perusahaan adapun fungsi sistem informasi yang kami ketahui adalah:

  • Meningkatkan aksesibilitas data yang ada secara efektif dan efisien kepada pengguna.
  • Memperbaiki produktifitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
  • Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi.
  • Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi.
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.

Published at :
Written By
Hudiarto
Concentration & Content Coordinator | Information System Laboratory, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close