School of Information Systems

Kenapa sih Sistem Informasi itu jurusan yang mempunyai prospek yang bagus di masa sekarang dan yang akan datang

Sistem Informasi, bila orang menanyakan apa jurusan yang kami pilih jawaban itu yang kami berikan, namun masih banyak orang yang kebingungan dengan apa itu sistem informasi, beberapa mengira itu sama dengan teknik informasi, beberapa juga mengira sistem informasi belajar buat program dan website. Jika kami ingin memberikan penjelasan kami hanya menjawab secara simple , yaitu Teknik Informatika + Bisnis.

Kenapa sih kita pilih sistem informasi dibandingkan teknik informasi atau jurusan lainnya, pertanyaan itu selalu diberikan kepada kami saat awal masuk perkuliahan, jawaban yang sering muncul adalah tidak dapat masuk teknik informasi karena IPA maka pilih sistem informasi yang rumornya dari SMA adalah IT nya IPS dan lebih mudah. Memang kalau dibilang sekedar ingin lulus sistem informasi itu lebih mudah dibandingkan IT karena pelajaran IT sangat membutuhkan logika untuk mengikuti kemauan dari si perancang sistem, dan mau tahu siapa yang menganalisa dan merancang sistem itu siapa? Kami , dari sistem informasi lah yang merancang sistem dan bahasa kasarnya menyuruh-suruh orang IT untuk mengikuti kemauan kami.

Apa aja yang dipelajari sistem informasi? Kami mempelajari bisnis proses untuk semua perusahaan , dari bisnis kelas rendah sampai bisnis kelas dunia. Kenapa kita perlu pelajari bisnis proses ini? Supaya kita dapat merancang sistem sesuai kebutuhan dari bisnis tersebut. Pelajaran berbasis Analisa ini tidak sulit karena tidak ada Analisa yang salah namun sulit untuk mendapatkan Analisa yang bagus. Lalu kami juga mempelajari design produk, dan dari jurusan kami lebih tepatnya adalah design aplikasi dan website. Mata kuliah ini mengajarkan kita untuk menganalisa target customer kita supaya mendukung pembuatan sistem. Dan kami juga mempelajari sedikit programming seperti Java dan HTML(CSS ,JavaScript), dan juga membuat database atau tempat penampungan data dan informasi. Programming kami tidak sedalam IT karena kami mempelajari ini supaya dapat mendebatkan pekerjaan orang IT, tidak buta dengan apa yang minta orang IT untuk kerjakan.

Apa sih prospek ke depan untuk sistem informasi? Zaman sekarang penggunaan teknologi terutama smartphone sudah sangat tinggi. Karena kita mengerti cara menyalurkan penggunaan teknologi ke dalam bisnis, maka peluang untuk menjadikan pembuatan aplikasi sebagai usaha sendiri sangatlah besar. Contoh dari usaha sistem informasi adalah Tokopedia, yang dimana mereka mengubah bisnis proses dari jual beli tatap muka menjadi toko yang menjual barangnya secara online. Lalu juga peluang untuk kerja sebagai project manager/leader dalam pelaksaan pembuatan sistem dalam perusahaan. Jabatan tertinggi yang dapat diraih dalam perusahaan untuk sistem informasi adalah CIO (Chief Information Officer). Dan minimal pekerjaan yang didapat adalah web developer dan system analyst.

Hudiarto