People Innovation Excellence

Apa Yang Membuat Sistem Informasi Mengagumkan

Sistem Informasi telah berdiri jauh sejak tahun 1940-an. Pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dimulai pada masa World War II yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. Lalu pada tahun 1957, Russia meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan yang bertugas sebagai mata-mata untuk mengumpulkan informasi.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan sistem informasi telah berkembang dengan pesat. Pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambat kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Kejadian ini telah memulai pengembangan Information Technology (IT), khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem menjadi lebih canggih. Kemudian, Sistem Informasi (SI) telah menjadi salah satu jurusan yang sangat penting disetiap universitas.

            Sistem Informasi adalah suatu jurusan yang mempelajari kombinasi dari Teknologi Informasi dan aktivitas manusia yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen sebuah organisasi, atau dengan kata lain, untuk mendukung bisnis. Istilah Sistem Informasi juga sering digunakan merujuk kepada cara dimana orang berinteraksi dengan teknologi dalam mendukung proses bisnis sebuah perusahaan.

            Mungkin Sistem Informasi dan Teknologi Informasi terlihat sama, namun nyatanya mereka tidak sama. Dalam Sistem Informasi, komponen-komponen Teknologi Informasi digunakan untuk mengontrol kinerja proses bisnis. Tujuan dari Sistem Informasi ini untuk menghasilkan sebuah data yang kemudian diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya (stakeholders).

Sistem Informasi mencangkup jauh lebih luas dari hanya sekedar Teknologi Informasi. Nyatanya, Teknologi Informasi merupakan suatu bagian dari Sistem Informasi. Dalam Sistem Informasi, kita merancang sebuah sistem untuk suatu perusahaan, dan orang-orang IT itulah yang melakukan technical work (menuliskan programming code) sesuai apa yang kita rancang. Sistem Informasi bagaikan jembatan antara IT dengan dunia bisnis. Orang bisnis adalah orang-orang yang memiliki ide dan mengatur ide tersebut, sedangkan orang IT yang mengerjakan apa yang telah dirancang. Namun, orang bisnis dan orang IT adalah kedua pihak yang sangat berbeda. Mereka mempunyai istilah masing-masing. Maka dari itu, Sistem Informasi diciptakan untuk menghubungkan kedua pihak tersebut.

Sistem Informasi merupakan komponen yang sangat fundamental bagi berjalannya sebuah organisasi. Tanpa adanya Sistem Informasi, pengolahan data dapat menjadi kacau, apalagi jika organisasi tersebut sudah mulai berkembang. Ketidak-aturan dalam pengolahan data, dapat mempengaruhi jalannya suatu enterprise.

Jurusan Sistem Informasi dalam universitas-universitas menawarkan beberapa perminatan yang sangat menarik. Beberapa diantaranya ada E-Business, Database, System Analysis, Business Intelligence, dan Enterprise Resource System. Tiap perminatan menawarkan peluang yang baik untuk karir dimasa depan. Apalagi dengan era teknologi ini, pekerjaan dibidang Sistem Informasi akan sangat menjamin dalam perusahaan-perusahaan. Karena perusahaan yang sedang berkembang akan mengimplementasikan sistem baru setiap beberapa waktu agar usahanya dapat berjalan dengan lebih baik dan dapat lebih mengoptimalkan proses bisnis yang sudah ada, disaat itulah Sistem Informasi dibutuhkan pada saat sebelum implementasi, pada saat implementasi sedang dijalankan, dan bahkan setelah implementasi untuk maintenance.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah, Sistem Informasi merupakan bidang yang sangat diincar dalam era teknologi ini, yang sangat berguna dan fundamental untuk membuat proses bisnis sebuah perusahaan atau organisasi menjadi lebih baik dan optimal.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close