People Innovation Excellence

KEUNGGULAN JURUSAN SISTEM INFORMASI

Sistem infromasi adalah salah satu jurusan yang dapat dipilih oleh seorang mahasiswa ketika ia ingin menginjak dunia perkuliahan. Namun masih banyak orang yang masih belum mengetahui apa sebenarnya yang dipelajari dalam jurusan sistem informasi, tujuan dari sistem informasi itu sendiri, dan dapat bekerja sebagai apakah ketika lulus dari jurusan sistem informasi.

Banyak orang berpikir bahwa sistem infromasi (SI) merupakan jalur kedua karena mereka tidak dapat memilih jurusan teknik informatika (TI). Namun sistem informasi dan teknik informatika memiliki perbedaan yang sangat jelas. Teknik informatika (TI) sendiri memiliki arti sebagai berikut, Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Sedangkan, Sistem Informasi (SI) adalah ilmu yang mempelajari berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi, terutama dalam kaitannya dengan proses penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan data/informasi/knowledge di seluruh tataran dan ruang lingkup organisasi.

Dalam hal pembelajaran sendiri teknik informatika (TI) lebih berfokus pada bagaimana cara merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi, dan merawat teknologi informasi yang ada dalam perusahaan. Sedangkan sistem informasi (SI) lebih berfokus kepada menganalisa kebutuhan dan proses bisnis perusahaan, serta mampu menghasilkan sistem yang sesuai untuk perusahaan berdasarakna tujuan perusahaan. Secara sederhana teknik informatika fokus kepada cara menghasilkan sebuah program (teknik pemograman), sedangkan sistem informasi lebih untuk menganalisa kebutuhan akan sistem dari suatu perusahaan dan menrancang sistem yang sesuai kebutuhan dan tujuan untuk perusahaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa selain belajar teknik pemograman dalam jurusan sistem juga mempelajari proses bisnis yang ada dalam perusahaan

Dalam peranan diperusahaan sistem informasi menjadi jembatan yang menghubungkan antara programmer dan para manajemen dalam perancangan sistem. Sistem informasi akan menaganalisa kebutuhan akan sistem dari para manajemen diperusahaan, kemudian menerjemahkannya menjadi suatu user requirement untuk diserahkan kepada bagian programmer untuk membangun sistem terserbut. Sehingga dalam perusahaan terkadang lulusan sistem informasi memiliki jabatan yang lebih tinggi dari jurusan teknik informasi.

Jabatan yang biasa dapat diambil dalam perusahaan oleh lulusan sistem informasi adalah Chief Information Officer (CIO) ini adalah jabatan tertinggi yang dapat dicapai oleh lulusan sistem informasi, atau sistem analis, yang berkerja sebagai penghubung antara user dan programmer, yang menentukan spesifikasi dan kebutuhan dari sistem baru, atau juga bisa menjadi web designer yang merancang sebuah website. Beberapa hal yang akan dipelajari dalam jurusan sistem informasi sendiri kira – kira adalah:

  • Sistem infomasi manajemen
  • Sistem pendukung keputusan
  • Sistem informasi eksekutif
  • Sistem pemrosesan transaksi

Published at : Updated
Written By
Hudiarto
Concentration & Content Coordinator | Information System Laboratory, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close