People Innovation Excellence

Information System dan Kiprahnya di Industri

Sistem Informasi menurut John F. Nash adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai internal dan eksternal dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat. Pada tahun 2000 an internet sudah mulai berkembang di Indonesia dan pada tahun 2010 kita sudah mulai merasakan  era generasi terhubung atau connected generation dengan berkembangnya media sosial, semua orang sudah mulai merasakan kebutuhan untuk ber interaksi antar sesamanya. Kita bisa kaitkan dengan sistem informasi yang mewajibkan semua sistem terhubung agar semua sistem bisa bekerja optimal. Layaknya sosial media yang terus di perbaharui oleh penggunanya agar pengguna lainnya bisa mengetahui status terakhir, sistem pun butuh tau pembaharuan dari sistem lain agar ia bisa menghasil kan data-data yang akurat. Perusahaan besar di Indonesia juga menggunakan sistem informasi sebagai tulang punggung penyedia informasi yang akurat bagi usahanya, salah satu contohnya adalah PT Semen Gresik yang berhasil dalam mengimplementasikan ERP pada perusahaannya dan menyebabkan efesiensi dalam proses distribusi yang sangat meningkat tajam dengan adanya ERP.

Di zaman modern ini,dimana informasi berpindah dengan sangat cepat, sehingga hampir di semua bidang pekerjaan menggunakan teknologi, mulai dari sebagai pengambil keputusan atau sarana penyedia data untuk bisnis di perusahaan atau perbankan. Oleh karena itulah muncul jurusan Sistem Informasi yang merupakan jurusan yang tidak hanya belajar tentang teknologi berupa perangkat keras dan lunak komputer saja tetapi didampingi oleh pelajaran bisnis yang berupa menganalisa data-data yang ada di dalam suatu diagram  yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan. Lulusan Sistem Informasi sangatlah mudah untuk mencari pekerjaan dikarenakan mereka sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Hal ini disebabkan oleh banyaknya perusahaan yang membutuhkan para ahli komputer untuk mengembangkan perusahaan mereka, serta cakupan pekerjaan seorang jurusan Sisterm Informasi cukup luas yaitu: sebagai programmer, sistem analis, database specialist, web designer dan developer, dan sebagainya

Pekerjaan yang ditawarkan dalam sistem informasi terdapat seperti Sistem Analis, Database Administrator, Application Development, Network administrator, dan beberapa pekerjaan yang lainnya yang berkaitan dengan teknologi informasi lainnya. Kebanyakan perusahaan membutuhkan dalam bidang keuangan, industri software, otomotif, dan lain-lain. Biasanya fresh graduate lulusan sistem informasi maksimal akan mendapatka gaji sebesar Rp.7.000.000. Tetapi seorang fresh graduate juga harus memiliki kemampuan mengerti bahasa pemograman dan analisa yang bagus dan teliti. Bukan hanya pengetahuan yang harus dimiliki melainkan juga harus memiliki sifat pekerja keras, dan mampu berkomunikasi dengan baik dan standar minimal IPKnya adalah 2.75 – 3.00 atau lebih.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close