People Innovation Excellence

Entity Relationship Analysis

Dalam rekayasa perangkat lunak, sebuah Entity-Relationship Model (ERM) merupakan abstrak dan konseptual representasi data. Entity-Relationship adalah salah satu metode pemodelan basis data yang digunakan untuk menghasilkan skema konseptual untuk jenis/model data semantik sistem. Dimana sistem  seringkali memiliki basis data relasional, dan ketentuannya bersifat top-down. Diagram untuk menggambarkan model Entitiy-Relationship ini disebut Entitiy-Relationship diagram, ER diagram, atau ERD.

Ada sejumlah konvensi mengenai Notasi  ERD. Notasi klasik sering digunakan untuk model konseptual. Berbagai notasi lain juga digunakan untuk menggambarkan secara logis dan fisik dari suatu basis data, salah satunya adalah IDEF1X.

Model ERD

Komponen ERD terdiri dari

  • Entity adalah kumpulan objek atau suatu yang dapat dibedakan, didetivikasikan secara unik
  • Relationship adalah suatu hubungan yang terjadi antara satu entity dengan satu entity lainnya atau lebih
  • Atribut berfungsi sebagai pembentuk karakteristik yang melekat pada setiap entitas

Notasi ERD
Ada sejumlah konvensi mengenai Notasi ERD. Notasi klasik sering digunakan untuk model konseptual. Berbagai notasi lain juga digunakan untuk menggambarkan secara logis dan fisik dari suatu basis data,

Entitas, Adalah segala sesuatu yang dapat digambarkan oleh data. Entitas juga dapat diartikan sebagai individu yang mewakili sesuatu yang nyata (eksistensinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain (Fathansyah, 1999). Ada dua macam entitas yaitu entitas kuat dan entitas lemah. Entitas kuat merupakan entitas yang tidak memiliki ketergantungan dengan entitas lainnya. Contohnya entitas anggota. Sedangkan entitas lemah merupakan entitas yang kemunculannya tergantung pada keberadaaan entitas lain dalam suatu relasi.
Atribut
Atribut Atribut merupakan pendeskripsian karakteristik dari entitas. Atribut digambarkan dalam bentuk lingkaran atau elips. Atribut yang menjadi kunci entitas atau key diberi garis bawah.
• Atribut kunci kandidat dankunci utama
Kunci kandidat
Kunci kandidat ; yaitu suatu atribut yang mengidentifikasikan secara unik dari suatu kejadian yang sifatnya khusus dari suatu entity. Kunci kandidat ini tidak ganda dan hanya satu.

Kunci utama
Primary Key (kunci utama) adalah atribut Merupakan candidate key yang telah dipilih untuk mengidentifikasi setiap record secara unik. Primary key harus merupakan field
yang benar-benar unik dan tidak boleh ada nilai NULL. Pengertian lainya Primary Key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam table. Primary key, salah satu atrribut dari candidat key dapat dipilih menjadi primary key dengan 3 sbb

Key tersebut lebih natural untuk dijadikan acuan

  • Key tersebut lebih sedrhana
  • Key tersebut cukup untuk database tanpa data apapun yang asing. Setiap tabel dapat memiliki satu atau lebih candidate key.

Object Code

Suatu program di mana mengambil input program dari source code kemudian dituliskan dalam bentuk object code. Atau translator dapat dikatakan sebagai perubahan dari source code ke object code. Proses penterjemahan dilakukan oleh kompilator disebut compiling atau kompilasi. Kompilator (compiler) bertugas untuk melaporkan jika kemungkinan terjadinya kesalahan/error.

Ada 3 jenis translator :

A. Assembler

  • Source Code : bahasa assembly
  • Object Code : bahasa mesin

contoh : Turbo assembler, marco assembler

B. Compiler / Kompilator

Sebuah program yang membaca suatu program yang dituliskan ke dalam suatu bahasa sumber dan menerjemahkannya ke dalam suatu bahasa.

  • Source Code : tingkat tinggi
  • Object Code : bahasa mesin/assembly

Source Code dan data diproses pada saat yang berbeda

C. Interpreter

Sebuah program yang digunakan untuk menterjemahkan, mengeksekusi dan memberikan hasil dari eksekusi instruksi masukannya. Interpreter tidak membangkitkan object code, hasil translasinya dalam bentuk internal. Source code dan data diproses pada saat yang sama.

  • Source code Object code merupakan representasi hasil generate compiler dari source code.
  • Object code berupa bilangan biner.
  • Pada platform win32, object code dalam file berekstensi .obj.
  • Walaupun .obj file berisikan kode mesin, untuk menjalankannya memerlukan program Linker untuk menjadikan executable file.
  • Programmer akan sangat sulit merubah object code karena tidak bersifat human-readable.

Published at :
Written By
Evaristus Didik
Concentration & Content Coordinator | Information System Laboratory, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close