People Innovation Excellence

MODIFICATION OBJECT

Modifier adalah digunakan untuk menentukan hubungan suatu unsur kelas dengan unsur kelas lainnya. Dan modifier sendiri memiliki beberapa jenis menurut aksesnya, yaitu :

  1. Public : semua unsur yang terdapat dalam suatu class (method,object,dll) bisa diakses secara bebas oleh semua class lain yang berada dalam satu package ataupun tidak.
  2. Protected : semua unsur yang terdapat dalam suatu class (method,object,dll) bisa diakses secara oleh semua class lain yang berada dalam satu package dan class bagian/turunan dari class awal meski berbeda package.
  3. Default : semua unsur yang terdapat dalam suatu class (method,object,dll) bisa diakses secara oleh semua class lain yang berada dalam satu package.
  4. Private : semua unsur yang terdapat dalam suatu class (method,object,dll) bisa diakses oleh class itu sendiri.

Kalau diimplementasikan ke class contoh sebelumnya maka bisa diartikan jika kita memberi modifier private pada kedua class Kedelai dan Buah, maka object tempe dari class Kedelai tidak bisa mengakses method rasa dari class Buah, begitu juga sebaliknya.

Ini ada contoh program sederhana tentang class,method,dan modifier

Contoh program dalam Java

public class NilaiIpk {
double ipk = 3.56;

          public void nilaiIpk(){
System.out.println(“Nilai IPK = “+ipk);
}

          public static void main(String[] args) {
NilaiIpk ipk = new NilaiIpk();
ipk.nilaiIpk();
}
}

Contoh program dalam C#

public class NilaiIpk{

           double ipk = 3.65;

           public void nilaiIpk(){
Console.WriteLine(” Nilai IPK = {0}”,ipk);
}
}

Dari contoh diatas bisa disimpulkan classnya adalah “NilaiIpk” methodnya “nilaiIpk” dan modifiernya adalah “public”.

Begitulah pembahasan saya tentang pengertian Class, Method, Modifier, semoga bisa dipahami dan tidak membuat bingung.

++ ODL SCHEMA

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh (Bjarne Stroustrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dipahami oleh manusia, C dan C++ merupakan contoh bahasa dari bahasa tingkat tinggi. Contoh lain dari bahasa tingkat tinggi adalah Pascal , Perl, Java, dan lain lain. Sedangkan bahasa tingkat rendah merupakan bahasa mesin atau bahasa asembly.

Kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman C++ :

  1. Kode bahasa C++ dengan portabilitas dan fleksibilitas yang tinggi untuk semua jenis komputer.
  2. Bahasa Standard-nya ANSI bisa dipakai diberbagai platform.
  3. Kecepatan program jika dibanding dengan program yang sama buatan bahasa lain, relatif lebih cepat.
  4. Bahasa C++ tersedia hampir di semua jenis komputer.
  5. Bahasa C++ hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci (hanya terdapat 48 kata kunci).
  6. Dukungan pustaka fungsi dan kelas yang banyak sehingga memungkinkan pembuatan aplikasi makro.
  7. C++ adalah bahasa yang terstruktur, dengan demikian akan lebih mendukung OOP.
  8. Bahasa C++ termasuk bahasa tingkat menengah dan lebih dekat dengan bahasa mesin.
  9. Kode program bersifat reuseable, sehingga dapat digunakan kembali pada project lain dengan hanya menggunakan library dan  file header.
  10. C++ dapat membuat aplikasi graphic processor berkualitas tinggi.

Tidak hanya kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh C++, tetapi juga memiki kekurangan seperti:

  1. C++ tidak murni OOP sehingga kurang cocok untuk mengajarkan Konsep OOP karena kaidah-kaidah OOP dapat dilanggar.
  2. Dan di C++ ada konsep pointer yang sangat membingunkan, ini salah satu alasan mengapa C++ menjadi momok yg paling tidak disukai.
  3. C++ walapun tidak terpengaruh oleh Sistem Operasi tetapi tool untuk developmentnya harus spesific pada salah satu sistem operasi contoh Visual Studio hanya dapat berjalan di Windows.
  4. Alasan ini juga nantinya akan dapat menurunkan minat terhadap sistem operasi yang lain contohnya Linux.
  5. Apabila dalam praktiknya menggunakan Visual Studio maka otomatis akan menggunakannya juga dan pada akhirnya malas untuk mencoba sistem operasi yang lain.
  6. Implementasi C++ dalam teknologi IT pada saat sekarang sudah sangat sedikit sekali.
  7. “susah” untuk membuat sesuatu dengan C++ sehingga kepeminatannya dalam memperdalam Programming akhirnya harus kandas.

Published at :
Written By
Evaristus Didik
Concentration & Content Coordinator | Information System Laboratory, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close