School of Information Systems

ENTITAS, OBJECT dan INTANCE PROPERTY

Entities and Object

Sebuah objek database berisi kumpulan objek, yang masing-masing mewakili satu dari entitas yang menarik untuk organisasi yang database objek menyajikan.

Entitas hal-hal tentang yang kita ingin merekam fakta dan yang dibedakan, satu dari lainnya.

Setiap objek telah struktur berikut untuk mewakili karakteristik dari suatu entitas :

  • Identitas : pengenal objek yang unik dan tak dapat diubah ditugaskan ke objek.
  • Negara : keadaan suatu objek adalah seperangkat nilai-nilai yang dikandungnya. Nilai-nilai mewakili fakta tentang entitas diwakili oleh objek.
  • Perilaku : perilaku suatu objek adalah seperangkat operasi yang dapat diterapkan untuk itu.

Diubah dan Literal Object

  • Objek bisa berubah adalah obyek yang dapat mengubah keadaan sendiri.
  • Objek literal adalah obyek yang tidak dapat mengubah negara sendiri.
  • Sebuah literal adalah wadah untuk nilai tetap dan melayani tujuan yang sama sebagai konstan dalam bahasa pemrograman

Objek bisa berubah adalah wadah untuk fakta tentang entitas, sifat-sifat yang dapat berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu tujuan literal adalah pembatasan masuk akal, karena nilai-nilai diwakili tidak akan berubah. Konsekwensinya adalah bahwa keadaan literal juga bertindak sebagai identifier objeknya.

  • Definisi dari Entity :
    Sebuah object yang keberadaannya dapat dibedakan terhadap objek lain. Entitas dapat berupa orang, benda, tempat, kejadian, konsep. Sejumlah entitas memiliki sejumlah atribut.
    Contoh : Mahasiswa memiliki nama dan alamat.
  • Definisi dari Object :
    Adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program computer ber-orientasi objek. Fungsinya membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer.

Instance Property

Property dapat disebut juga variable dari Class sedangkan Method biasa dalam bentuk fungsi. Pada Class member, terdapat Property $v_nama. Lalu fungsi get_nama(), set_nama() merupakan method dari Class Member. Baik Property maupun Method pada suatu Class bersifat opsional jumlahnya, disesuaikan dengan kebutuhan.

Property (atau disebut juga dengan atribut) adalah data yang terdapat dalam sebuah class. Melanjutkan analogi tentang laptop, property dari laptop bisa berupa merk, warna, jenis processor, ukuran layar, dan lain-lain.

Jika anda sudah terbiasa dengan program PHP, property ini sebenarnya hanyalah variabel yang terletak di dalam class. Seluruh aturan dan tipe data yang biasa diinput kedalam variabel, bisa juga diinput kedalam property. Aturan tata cara penamaan property sama dengan aturan penamaan variabel.

Evaristus Didik