People Innovation Excellence

Pemanfaatan Cloud Computing dalam Pendidikan

Dengan adanya perkembangan teknologi serta layanan pada cloud computing, perguruan tinggi harus siap dan berani dalam memanfaatkan teknologi ini. Secara nyata saat ini perkembangan teknologi komputasi sudah semakin compact dan mobile (mobile phone, tablet, ultramobile), dimana pengguna dapat memanfaatkan teknologi tersebut dimana saja dan kapan saja. Perangkat mobile phone dan tablet saat ini sudah menjadi bagian dari keseharian dari pada penggunanya, demikian pula dengan para mahasiswa dan dosen. Menurut Gartner pada situsnya (http://www.gartner.com/newsroom/id/2408515) perkembangan perangkat mobile akan meningkat dibandingkan dengan perangkat komputer (desktop pc dan notebook), hal ini terlihat dari jumlah shipment yang dilakukan antara tahun 2012-2014. Perkembangan dari pengunaan perangkat mobile akan juga dirasakan oleh perguruan tinggi dimana para mahasiswa dan dosen akan banyak menggunakan perangkat ini dalam menjalankan proses belajar mengajar.

Cloud computing telah banyak diadopsi oleh berbagai sektor industri termasuk dalam sektor pendidikan. Menurut Rao & Challa (2013) cloud computing dapat menjadi alternatif yang penting untuk lingkungan pendidikan saat ini. Keuntungan yang didapatkan dari teknologi terbaru saat ini dapat membantu penyelesaian tantangan – tantangan yang umum terjadi.

  • Universitas dapat membuka infrastruktur teknologi kepada bisnis dan industri untuk kemajuan penelitian.
  • Efisiensi dari cloud computing dapat membantu universitas dalam mengimbangi pertumbuhan kebutuhan sumber daya dan biaya pada sumber energy.Keuntungan lain dari cloud computing memungkinkan institusi untuk mendidik siswa dengan cara yang berbeda dan membantu mereka dalam mengelola proyek dan beban kerja yang besar.
  • Ketika siswa masuk ke dalam tuntutan kerja yang besar, mereka akan lebih memahami nilai dari teknologi
  • Cloud computing melepaskan institusi dari manajemen data, memastikan bahwa pengguna selalu memiliki dokumen terbaru dan mengurangi biaya.
  • Cloud computing menawarkan perangkat online dan menyediakan layanan komunikasi yang aman serta kemampuan kolaborasi.
  • Cloud computing memungkinkan guru dan siswa untuk mengakses, menyebarkan, dan mempublikasikan dokumen, kalender kelas atau halaman web

Rao & Challa (2013) juga mengidentifikasi ada tiga dampak utama yang menjadi faktor pada sistem pendidikan :

  • Biaya yang rendah dan teknologi yang gratis
    Saat ini telah banyak pertumbuhan untuk teknologi yang berbiaya rendah untuk interaksi sosial, publikasi, editing, kreasi konten, dan sebagainya. Banyak teknologi yang sebelumnya berharga mahal atau tidak tersedia, saat ini dapat diakses oleh siapa saja di web browser. Website, blog, web berbagi video, web berbagi music, media social menggunakan cloud computing.
  • Pertumbuhan Konten
    Jumlah pertumbuhan konten berada pada kisaran eksponensial, tersedia pada semua orang, dan semua orang dapat berkontribusi.
  • Kolaborasi
    Teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat dalam komunikasi dan kolaborasi. Teknologi baru saat ini membuat interaksi dan kolaborasi dapat dilakukan melalui web, diantara siswa di kelas yang sama ataupun di tempat lain diseluruh dunia. Tim yang dinamis dan kolaborasi yang interaktif adalah kemampuan utama dari cloud computing.

Published at : Updated
Written By
Cadelina Cassandra
Lecturer Specialist | Information System Laboratory, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close