People Innovation Excellence

Inovasi Terbaru Oracle Fusion Middleware

Pada Oracle OpenWorld 2014, Thomas Kurian, executive vice president of product development Oracle, memperkenalkan inovasi-inovasi terbaru pada Oracle Fusion Middleware. Dengan berbagai penyempurnaan ini, para pelanggan dan mitra Oracle dapat memanfaatkan platform cloud terkemuka dunia untuk mendorong inovasi dan meningkatkan keunggulan bisnis digital diseluruh divisi di perusahaan mereka. Fitur-fitur terbaru ini memanfaatkan portofolio dari Oracle Fusion Middleware, termasuk teknologi social, mobile, security, integration, dan collaboration terbaru.

Menurutnya, dengan inovasi-inovasi ini para pelanggan dan mitra Oracle dapat mengimplementasikan model-model bisnis digital terbaru. Untuk mengurangi biaya, dengan memanfaatkan arsitektur cloud privat dan publik yang elastis. Kurian juga menyoroti tingkat adopsi Oracle Fusion Middleware yang luar biasa tinggi.

Dengan lebih dari 50.000 pelanggan, meliputi pelayanan Finansial, Ritel, Telekomunikasi, Manufaktur, Farmasi, Layanan Kesehatan, Transportasi, dan industri Sektor Publik, Oracle Fusion Middleware juga dipercaya dapat membantu organisasi mengintegrasi sistem bisnis heterogen mereka, mengurangi biaya kepemilikan, dan mendapatkan wawasan bisnis yang memberikan keuntungan kompetitif. Jajaran produk yang hot-pluggable dan arsitektur yang terintegrasi memungkinkan organisasi mengadopsi Oracle Fusion Middleware baik dalam lingkungan Oracle dan non-Oracle.

Inovasi-inovasi terbaru dalam Oracle Fusion Middleware adalah Cloud: Cloud infrastructure-as-a-service (IaaS) and platform-as-a-service yang ditawarkan oleh Oracle.

Inovasi ini menyediakan sebuah platform standar terpadu yang paling lengkap, dan terbaik di kelasnya. Bermanfaat membantu perusahaan menurunkan biaya integrasi tanpa hambatan, di antara aplikasi-aplikasi on-premise dan berbasis cloud. Untuk membantu mitra dan pelanggan Oracle agar semakin mampu mengoptimalkan manfaat cloud.

Selain mendemonstrasikan inovasi-inovasi terbaru ini, sebagai tambahan, Kurian juga menyoroti tingkat adopsiOracle Fusion Middlewareyang luar biasa tinggi. Di sesi tersebut Steve Holland, CTO/CDO of 7-Eleven, turut berbagi cerita pengalaman sukses perusahaannya dalam menerapkan Oracle Fusion Middleware.

Layanan-layanan terbaru ini semakin melengkapi berbagai layanan yang sudah tersedia di platform Oracle Cloud dari portofolio Oracle Fusion Middleware.

Inovasi-inovasi Terbaru yang terdapat dalam Oracle Fusion Middleware:

  1. Cloud

Cloud infrastructure-as-a-service (IaaS) and platform-as-a-service yang ditawarkan oleh Oracle, baik privat maupun publik, menyediakan sebuah platformstandar terpadu yang paling lengkap, dan terbaik di kelasnya; guna membantu perusahaan menurunkan biaya integrasi, menyediakan kemampuan-kemampuan untuk mendorong produktivitas, serta memberikan portabilitas beban kerja tanpa hambatan diantara aplikasi-aplikasi on-premise dan berbasis cloud. Untuk membantu mitra dan pelanggan Oracle agar semakin mampu mengoptimalkan manfaat cloud, Oracle mengumumkan enam layanan Oracle Cloud baru; Oracle Big Data Cloud Service, Oracle Mobile Cloud Service, Oracle Integration Cloud Service, Oracle Process Cloud Service, Oracle Node Cloud Service, dan Oracle Java SE Cloud Service.Layanan-layanan terbaru ini semakin melengkapi berbagai layanan yang sudah tersedia di platform Oracle Cloud dari portofolio Oracle Fusion Middleware, antara lain: Oracle Java Cloud Service, Oracle Messaging Cloud Service, Oracle Developer Cloud Service, Oracle Documents Cloud Service, dan Oracle Business Intelligence Cloud Service.

  1. Oracle mobile platform

Oracle Mobile Application Framework mendukung pengembangan aplikasi mobile secara cepat di berbagai perangkat, dan Oracle Mobile Security Suite menyediakan kemampuan bagi perusahaan untuk memastikan keamanan perangkat mobile yang digunakan untuk BYOD dan shared devices. Kedua hal ini menyatukan pengelolaan akses dan identitas.Untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi mobile yang aman, Oracle memperdalam integrasi antara kedua penawaran tersebut, membuatnya lebih mudah bagi para pengembang dalam menciptakan pengalaman pengguna mobile yang berlimpah tanpa mengesampingkankeamanan. Sebagai tambahan, Oracle Mobile Cloud Service ini juga menyederhanakan akses ke berbagai layanan mobile enterprise di dalam cloud, dan Oracle Mobile Application Framework Composer memungkinkan para pengguna untuk mempercepat serta menyederhanakan pengembangan aplikasi-aplikasi mobile dengan menawarkan sebuah visual dan cara yang mudah untuk mendesain berbagai aplikasi mobile.

  1. Service integration

Dengan menggunakan Oracle Integration Cloud Service, Oracle Cloud Adapters, dan Oracle Cloud Adapter Software Development Kit (SDK), perusahaan akan mampu menyederhanakan integrasi sistem on-premise mereka dengan berbagai aplikasi cloud yang sudah disesuaikan dan dipaketkan. Pelanggan juga akan mampu mendukung penyediaan aplikasi dan layanan secara multi kanal di berbagai mobile, Web, B2B, dan aplikasi cloud melalui kemampuan pengelolaan API terbaru, serta adaptor REST dan JSON. Oracle menyediakan pengelolaan siklus API yang lengkap; termasuk definition, creation, publishing, security, monitoring, dan pengelolaan API; dan mampu mengintegrasikannya dengan solusi-solusi cloud privat, publik, dan hybrid.

  1. Business process management (BPM)

Oracle Business Process Management Suite 12c yang baru-baru ini dirilis merupakan sebuah platform BPM yang lengkap, yang mampu menyediakan proses desain berdasarkan bisnis dan proses analytics yang telah ditingkatkan. Oracle Process Cloud Service mendukung proses inovasi dan optimalisasi melalui proses monitoring dan analytics; kemampuan otomatisasi proses termasuk kemampuan seperti workflow, events, danrules, serta mobile form&workspace.

  1. Data integration and business analytics

Integrasi data dan analytics bisnis yang baru-baru ini ditawarkan Oracle menyediakan sebuah platform terpadu untuk mempercepat analisis insight dan pergerakan data diseluruh database yang berkaitan, sistemoperasi, warehouse data, dan klaster-klasterHadoop.Oracle Analytics Cloud merupakan sebuah portofolio analytics yang lengkap yang dikembangkan secara khusus untuk platform cloud, diterapkan di cloud, dan memungkinkan analisis data untuk sumber-sumber data yang berasal dari cloud, on-premise, tradisional, dan big data. Versi terbaru dari Oracle Enterprise Metadata Management mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan pengelolaan metadata dan data governancedi perusahaan; termasuk diantaranya pengelolaan dan perolehan data, dan pengintegrasian metadata pihak ketiga, pengelolaan data, stewardship, dan standarisasi.

  1. Content and collaboration

Berbagai inovasi tambahan lainnya memungkinkan kolaborasi; dalam konteks aplikasi-aplikasi bisnis; dan integrasi manajemen konten, kolaborasi, dan manajemen proses kedalam sebuah platform yang lincah bagi departemen apapun.Oracle Documents Cloud Service yang terbaru menyediakan kemampuan berbagai dokumen antar perangkat dan pengguna secara aman, dengan menggunakan secure workspaces. Oracle Social Network Cloud Service menyediakan sebuah platform sosial bagi enterprise untuk memfasilitasi kolaborasi antar divisi maupun pengguna di dalam perusahaan dan antar perusahaan.

  1. Identity management

Kemampuan pengelolaan identitas terbaru yang mampu menyatukan pengelolaan akses, pengelolaan identitas, dan governance dalam sebuah platform identitas terpadu diseluruh sistemon-premise dan cloud untuk desktop, Web, serta berbagai aplikasi mobile. Kemampuan tersebut juga memungkinkan interoperabilitas di berbagai layanan cloud yang heterogen, yang telah dilengkapi dengan berbagai standar dan protokol keamanan.

  1. Oracle Cloud Application Foundation

Oracle Cloud Application Foundation, termasuk Oracle WebLogic Server 12c Release 1 (12.1.3) dan Oracle Coherence 12 C Release 1 (12.1.3), telah diselaraskan dengan rilis dari Oracle Java Cloud Service. Ini merupakan rilisan terbaru dengan peningkatan yang signifikan pada infrastruktur server inti Java dari Oracle; selain menyediakan peningkatan yang signifikan untuk pengembangan aplikasi moderen, rilis ini juga menyediakan proposisi nilai yang memungkinkan pelanggan Oracle untuk menjalankan beban kerja berbasisJava dalam sebuah cloud privat atau on-premise, pada hardware konvensionalataupun hardware yang telah dioptimalkan untuk engineered infrastructure dengan sistemOracle Exalogic Elastic Cloud dan Oracle SuperCluster, dimana kesemua ini dapat dilakukan tanpa harus merubah sistem di dalam Oracle Cloud. Tidak ada infrastruktur aplikasi Java lainnya yang mampu menyediakan hal ini.

By: Angeline, S Heripracoyo

Sumber

https://autotekno.sindonews.com/read/909308/133/inovasi-terbaru-oracle-fusion-middleware-diperkenalkan-1412744628

http://theprtalk.com/newsroom/inovasi-terbaru-pada-platform-oracle-fusion-middleware-platform-cloud-terdepan-bagi-bisnis-digital.html

http://techno.okezone.com/read/2007/11/07/55/59072/memimpin-pasar-middleware-di-indonesia


Published at :
Written By
Sulistyo Heripracoyo
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close