People Innovation Excellence

Keistimewaan, Kelebihan dan Kekuarangan Database Oracle

Oracle dikenal sebagai database server untuk internet dan jaringan. Keistimewaan Oracle cukup banyak, yaitu :

  1. Client/Server Environtment
    Oracle berjalan di jaringan komputer. Oracle memisahkan proses antara database server dan aplikasi client. Server yang terinstall Oracle bertanggung jawab menangani proses database, sementara workstation/client yang menjalankan aplikasi hanya berkonsentrasi menampilkan data. Struktur ini akan mengurangi kemacetan data.
  2. Ukuran database yang besar dan pengaturan space
    Oracle mendukung ukuran database yang sangat besar hingga jumlahnya terabyte. Oracle juga mendukung pengaturan penggunaan space di harddisk sehingga ruang harddisk termanfaatkan dengan efisien.
  3. Multiuser
    Oracle dapat melayani banyak user yang terkoneksi dalam waktu yang sama dan mengakses data yang sama. Dengan fasilitas ini Oracle mampu menghindari konflik data.
  4. Connectibility
    Oracle dapat menggunakan berbagai sistem operasi dalam suatu jaringan untuk mengakses data.
  5. High Transaction Processing Performance
    Oracle dapat mengatur sistem agar pemrosesan database berjalan cepat walaupun jumlah transaksi sangat banyak dalam suatu waktu.

Kelebihan

ORacle merupakan salah satu vendor terdepan dalam pengaplikasian dan juga implementasi dari sistam databse. Hal ini disebabkan karena Database Oracle memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Database Oracle :

  1. Memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan manajemen sistem database
    Kelebihan Database Oracle yang pertama adalah mampu untuk melakukan manajemen sistem data dengan baik. Hal ini memungkinkan user ataupun programmer yang menggunakan Database Oracle dapat melakukan manajemen basis data dengan baik dan juga sempurna.
  2. Jumlah data dan juga angka yang dihandle sangat besar
    Sesuai dengan sejarah yang sudah pernah dituluskan oleh Oracle pada awal berdiri, sistem Database Oracle mampu untuk menghandel data dan juga angak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga penggunaan dari Database Oracle sangat efektif untuk ditanamkan pada perusahaan – perusahaan dengan skala besar dan multicorporate. Dengan penggunaan Database Oracle, maka semua data yang dimiliki oleh perusahaan besar tersebut mampu untuk dihandle dengan mudah dan juga cepat.
  3. Dapat mengolah data dengan cepat dan akurat
    Pengolahan data yang dapat dilakukan oleh Database Oracle merupakan salah satu pengolahan data yang cepat dan juga akurat. Yang penting adalah, anda sebagai user ataupun programmer yang menggunakan Database Oracle mengerti cara mengoperasikannya, maka hasil dar pengolahan data akan muncul secara akurat tanpa ada kesalahan. Selain tu, berkat spesifikasi yang tinffi dari Oracle, sistem manajemen basis data ini juga dapat bekerja lebih cepat dbandingkan sistem DBMS yang lainnya.
  4. Memiliki kemampuan untuk melakukan cluster server
    Merupakan keunggulan dari Database Oracle, yang mungkin tidak dimiliki oleh vendor DBMS lainnya. Database Oracle mampu untuk mengimplementasikan manaemen basis data ynag bersumber dari multi server, atau yang dalam istilah Database Oracle disebut sebagai Technology Cluster Server. Hal ini memungkinkan Database Oracle dapat melakukan manajemen data dengan menggunakan lebih dari 1 server. Apabila suatu instansi memiliki 50 server, maka Database Oracle mampu untuk mengolah seluruh data yang dimiliki oleh ke-50 server tersebut secara aktif, tanp ada gangguan sama sekali.
  5. Dapat melakukan management User
    Database Oracle juga memilikki kelebihan lainnya, yaitu mampu untuk melakukan management user. Hal ini berkaitan dengan pembatasan hak yang dimiliki oleh user, jadi anda dapat melakukan hal tersebut dengan menggunakan Database Oracle.
  6. Multi-Platform
    Multi platform, berarti Database Oracle bisa digunakan pada berbagai macam platform. Berbeda dengan Microsoft SQL Server yang hanya bisa digunakan pada SIstem Operasi Windows saja, maka Database Oracle bisa beroperasi pada SIstem Operasi lainnya, seperti Mac, dan juga Linux.
  7. Pemrosesan data yang cepat
    Keunggulan utama dari sistem basis data yang diberikan oleh Database Oracle adalah pemosesan dari pengolahan data yang cepat. Hal ini akan membantu meningkatkan efisiensi waktu dari suatu instansi, dan membuat banyak biaya penyelenggaraan IT menjadi lebih kecil.
  8. Memiliki kemampuan flashback
    Flashback merupakan kemampuan untuk melakukan restore ulang pada suatu database yang tidak sengaja mengalami error, seperti mengalami mati listrik. Ketika anda melakukan manajemen database, pekerjaan yang sudah anda lakukan akan tersimpan otomatis, sehingga ketika mengalami masalah dengan komputer ataupun mengalami mati listrik, pekerjaan anad bisa di-restore kembali dengan menggunaan fitur flashback ini.

Kekurangan

Meskipun memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan software DBMS lainnya, namun ternyata Database Oracle juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Database Oracle :

  1. Harga software DBMS tinggi dan mahal
    Kekurangan pertama dari Database Oracle adalah masalah harga jual. Apabila dibandingkan degnan software DBMS yang lainnya, Database Oracle merupakan software DBMS dengan nilai yang paling tinggi dan paling mahal. Hal in itentu saja akan mubazir apabila anda tidak terlalu membutuhkan spesifikasi software DBMS yang tinggi, seperti Database Oracle.
  2. Spesifikasi minimum hardware yang tinggi
    Karena memiliki fungsi yang sangat banyak, dan juga kemampuan yang sangat tinggi dalam melakukan manajemen dan pengolahan dari suatu database, maka hal ini berpengaruh terhadap spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh sebuah komputer dalam menjalankan software Database Oracle. Tidak semua PC kantor biasa bisa menjalankan Database Oracle dengan baik, karena membutuhkan spesifikasi PC yang cenderung tinggi.
  3. Tidak cocok untuk diaplikasikan pada perusahaan atau instansi kecil
    Harga yang mahal dan juga spesifikasi tinggi. Tentu saja ini membuat Database Oracle menjadi sangat tidak cocok untuk digunakan oleh perusahaan atau instansi kecil dan juga menengah. Spesifikasi dan juga fitur yang dimiliki oleh Database Oracle terlalu tinggi untuk diimplementasikan pada database instansi atau perusahaa kecil dan mengengah.
  4. Rumit dalam mengaplikasikannya
    Database Oracle ternyata juga megalami kekurangan, terutama dalam hal pengoperasiannya. Untuk dapat mengaplikasikan Database Oracle, seorang user ataupun programmer harus benar benar bisa memahami cara kerja dari Database Oracle. Hal ini disebabkan karena fitur yang tinggi, membuat Database Oracle juga membutuhkan operator yang berpengalaman dalam menlakukan manajemen database.

Published at : Updated
Written By
Sulistyo Heripracoyo
Subject Content Coordinator | Information System Laboratory, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close