People Innovation Excellence

Pengenalan Javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web yang menggunakan tag SCRIPT.

JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha. Navigator sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer yang non-Java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut. “LiveScript“  ini berguna untuk browser Netscape Navigator 2 yang sangat popular pada masanya. Pada saat itu pula, Netscape dan Sun (pengembangan Bahasa pemrograman “Java”) sedang giat – giatnya bekerjasama untuk mengembangkan Bahasa pemrograman tersebut dan Netscape pun memberikan nama “Javascript” kepada Bahasa pemrograman tersebut. Hal ini dikarenakan “JavaScript” ini merupakan merk terdaftar milik Sun Microsystem, Inc dan dilisensikan oleh Sun untuk Netscape Comunications dan entitas lainnya seperti Mozilla Foundation.

Kegunaan utama JavaScript adalah untuk menuliskan fungsi yang disisipkan kedalam HTML baik secara langsung disisipkan maupun diletakan ke file teks dan di link dari dokumen HTML. Secara fungsional, JavaScript digunakan untuk menyediakan akses script pada objek yang dibenamkan (embedded). Contoh sederhana dari penggunaan JavaScript adalah membuka halaman pop up, fungsi validasi pada form sebelum data dikirimkan ke server, merubah image kursor ketika melewati objek tertentu, dan juga membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat AJAX. JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk AJAX (Ansynchronus Javascript And XML).

Kode Javascript biasanya di letakan di atas ( di bagian head ) pada HTML. Hal ini di karenakan untuk menjamin script ini di muat terlebih dahulu sebelum di panggil. Untuk memasukan kode Javascript ini, kita dapat menggunakan tag script. Berikut adalah cara penulisannya :

<html>

<head>

<script type = “text/javascript”>

/* kode Javascript */

</script>

</head>

<body>

</body>

</html>

Note : Kita dapat memasukan kode – kode Javascript kita di atara tag script buka dan tag script tutup tersebut.

Tetapi, pada umumnya, para programmer akan memisahkan file javascript, css, dan htmlnya, gunanya untuk memudakan mereka dan orang lain dalam proses pengerjaannya. Untuk intu, kita dapat menggunakan elemen “src” pada tag script. Di dalam Javascript ini, kita dapat menggunakan satu kata kunci untuk memanggil variable, yaitu “var”. Berikut penulisannya :

<html>

<head>

<script src = “xxx.js”>

Var x;

Var y = 10;

</script>

</head>

<body>

</body>

</html>

Note : Jika file Javascriptnya berada di folder lain, kita dapat menambahkan nama foldernya sebelum nama file Javascriptnya  pada elemen scr (nama folder/nama file javascript).

Kode Javascript ini tidak hanya dapat di letakan di bagian atas HTML saja. Kode javascipt ini dapat diletakan di bagian “body” pada HTML dan juga jumlah Javascript di <head> dan <body> yang ditempatkan pada dokumen tidak terbatas.

Kemudian, di Kode Javascript ini, biasanya digunakan juga untuk melakukan validasi – validasi di dalam pembuatan website. Di Kode Javascript sendiri bisa di gunakan untuk pembuatan message alert. Berikut contoh message alert dengan menggunakan Kode Javascript :

<html>

<head>

<title>Hello World!!</title>

<script type=”text/javascript”>

var message = “Hello World!!”;

alert(message);

</script>

</head>

<body>

</body>

</html>

Dari kode – kode tersebut, akan menghasilkan alert message seperti ini :

Berikut penjelasan dari kode – kode Javascript di atas. Tag <script> berguna untuk menampung kode – kode Javascript yang akan di gunakan. Var Message, var di sini adalah tipe ada yang ada di dalam Javascript yang dapat menampung beberapa tipe data seperti String, Integer, dan Boolean. Kemudian fungsi “alert” berguna untuk menampilkan message error yang ingin kita tampilkan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close