People Innovation Excellence

5 Cara Meningkatkan Kepercayaan diri

Apakah rasa percaya diri yang Anda miliki sesuai dengan yang Anda harapkan? Hanya sedikit orang yang akan menjawab “ya” untuk pertanyaan itu. Tapi siapa pun bisa belajar untuk menjadi lebih percaya diri dan itu adalah skill yang bisa dipelajari.

Mulailah dengan melupakan gagasan bahwa kepercayaan, kepemimpinan, dan berbicara di depan umum adalah kemampuan orang dari lahir. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa menjadi pemalu dan berhati-hati adalah keadaan alami manusia. Bagaimana Anda bisa mengasah diri sendiri untuk menjadi lebih percaya diri?

Berikut adalah 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan diri:

  1. Tampilah dengan Rapi

Meskipun Anda hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan Anda tampil rapih. Sisirlah rambut Anda, cucilah muka Anda, perbaiki riasan wajah Anda, luruskan kerah Anda, pastikan tidak ada sisa makanan pada gigi Anda. Semua hal ini dapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap penampilan Anda dan rasa takut Anda terhadap penampilan Anda.

  1. Jangan Membanding-bandingkan

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, itulah sebabnya kita tidak boleh saling membandingkan. Apa yang dilihat pada diri seseorang belum tentu nyata. Melakukan perbandingan bukan cara tepat mengukur tingkat kesuksesan yang telah berhasil digapai.

  1. Buang Pikiran Negatif

Agar terus percaya diri di segala situasi, jangan biarkan pikiran negatif menguasai benak dan merusak akal sehat.

  1. Build Your Next Step

Jika Anda tidak yakin dengan apa yang harus Anda lakukan, temukan satu langkah sederhana yang bisa membantu Anda untuk terus maju. Hal ini mungkin saja bisa dilakukan dengan melakukan kontak mata pada sebuah pesta, memperkenalkan diri Anda pada orang asing, memecahkan kebekuan dalam sebuah rapat, atau menanyakan orang yang mewawancarai Anda untuk menunjukkan pengetahuan Anda terhadap industri dan perusahaan mereka. Mulailah bertindak meskipun Anda tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang seharusnya Anda lakukan. Bergeraklah menuju sasaran Anda. Koreksi diri Anda di lain kesempatan.

  1. Kontrol Bicaramu!

Sebuah tips sederhana agar Anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Jika Anda bicara terlalu cepat, Anda akan merasa tidak enak karena Anda sadar Anda bicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi Anda kesempatan untuk memikirkan apa yang Anda akan katakan selanjutnya. Jika Anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang Anda katakan. Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close