People Innovation Excellence

5 Cara Membentuk Pola Pikir Kreatif

Dalam kehidupan saat ini persaingan antara satu individu dan individu lain sangat kompetitif, kebutuhan untuk berpikir kreatif sekarang lebih dibutuhkan lebih dari sebelumnya. Perusahaan dan organisasi membutuhkan kreativitas dari staf dan karyawan mereka, hal ini dibutuhkan untuk menghasilkan produk yang bisa bersaing, pemasaran menarik, terobosan inovasi atau memecahkan tantangan sehari-hari di tempat kerja. Berpikir kreatif bukan untuk orang-orang seni saja. Orang-orang yang bekerja di bidang lain perlu menjalankan pemikiran kreatif, oleh karena itu dalam artikel ini akan menjelaskan 5 Cara Untuk Membentuk Pola Pikir Kreatif:

  1. Ritual Inspirasional

Salah satu cara terbaik untuk menginspirasi diri sendiri adalah mengembangkan ritual inspirasional dan gunakan secara teratur dan rutin. Ini akan membantu membentuk pola pikir yang lebih baik. Seperti contohnya, ritual inspirasional yang bisa Anda kerjakan mungkin membaca di pagi hari, mendengarkan musik, meditasi selama beberapa menit atau mengambil beberapa napas dalam-dalam.

  1. Cobalah untuk membuat sesuatu setiap hari

Buatlah sesuatu setiap hari, bahkan jika itu hanya untuk 5 atau 10 menit. Cobalah untuk menulis sebuah artikel, video, ataupun menulis sebuah buku.

  1. Istirahat

Ketika Anda merasa stuck dengan ide. Cobalah untuk beristirahat ataupun sekedar berjalan jalan bersama teman. Memaksa diri Anda untuk menemukan solusi hanya akan menyebabkan Anda kelelahan. Coba berdiri dari meja Anda, berjalan di luar ambil kopi, berbicara dengan orang dan melihat pemandangan luar tempat kerja Anda. Beberapa inspirasi akan menyerang Anda di tempat yang tak terduga.

  1. Membuat daftar dan pilihlah ide Anda

Terkadang Anda akan kesulitan dan merasa stuck dalam mengembangkan ide. Anda dapat membuat daftar ide dan mengurutkannya. Bawalah catatan setiap anda pergi kemanapun dan catatlah ide yang muncul tiba tiba. Dari ide yang terkumpul, pilihlah yang mungkin bisa Anda kerjakan.

  1. Lupakan bakat

Kita cenderung berpikir kita tidak berbakat di bidang ini sehingga ide yang mungkin Anda kerjakan akan sia-sia. Lupakan mindset dimana Anda harus berbakat dalam bidang tertentu untuk mengerjakan ide Anda. Belajarlah dengan melakukan, bekerja keras dan mendukung diri sendiri. Inilah cara bagaimana Anda akan membuat ide tersebut terlaksana.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close