People Innovation Excellence

Pengenalan HTML

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun selalu berkembang dengan sangat cepat. Lambat laun, orang – orang pun akan dan harus mengikuti perkembangan teknologi ini. Karena perkembangan teknologi yang semakin cepat tersebut, orang – orang pada jaman sekarang selalu menginginkan sesuatu yang cepat dan mudah. Mulai dari masalah pekerjaan, pekerjaan rumah, hingga transaksi jual beli. Melihat peluang tersebut, mulai lah para ahli mengeluarkan beberapa cara – cara untuk mengatasi masalah tersebut hingga muncul lah proses jual beli online atau biasa kita kenal dengan sebutan “Online Shopping (E-Commerce)”. Online Shopping ini adalah suatu inovasi yang luar biasa, yang dapat membuka mata orang – orang akan kecanggihan dan seberguna apa teknologi jaman sekarang ini.

Online Shopping ini sendiri di bangun melalui suatu pemrograman komputer. Salah satu dasar dalam pemrograman komputer untuk membangun online shopping ini sendiri adalah Bahasa HTML ( Hyper Text Mark Language ). Bahasa HTML ini adalah dasar yang sangat penting dalam pembangunan suatu website. Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. Pada tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN. Di catatan pribadinya sejak 1990 dia mendaftar “beberapa dari banyak daerah yang menggunakan hypertext” dan pertama-tama menempatkan sebuah ensiklopedia.

Bahasa pemrograman HTML ( Hyper Text Markup Languange ) ini telah banyak di gunakan oleh programmer – programmer untuk membuat website – website. Terlebih lagi, Bahasa pemrograman HTML ini juga dapat di kombinasikan dengan banyak framework untuk dapat membangun sebuah sistem atau website yang lebih bagus dan lebih terstruktur lagi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close