People Innovation Excellence

Kenapa ikut lomba?

Kenapa ikut lomba? Berikut 6 dari banyak alasan untuk mengikuti lomba.

Selain mengikuti kelas dan ikut UKM atau HMJ di kampus, masih banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu dan mengasah kemampuan selama masa perkuliahan. Salah satunya adalah dengan mengikuti lomba. Lomba yang tersedia untuk mahasiswa juga termasuk banyak, mulai dari lomba penelitian, debat, olahraga, case competition, dan lomba lainnya.

Banyak yang mungkin tidak menyadari bahwa banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari mengikuti perlombaan. Beberapa alasan penting mengapa seseorang akan lebih baik mengikuti lomba adalah :

  1. Menunjukkan bakat yang dimiliki

Lomba dapat menjadi saran seseorang untuk menunjukkan kepada dunia bakat yang dimiliki. Dengan mengikuti lomba, seseorang dapat mengasah bakat dan kemampuan dengan mengaplikasikan bakat yang ada dalam perlombaan. Selain itu, jika berhasil memenangkan lomba yang diikuti, tentunya akan menjadi validasi tersendiri dari bakat yang dimiliki.

  1. Koneksi dengan perusahaan dan para ahli

Sebuah perlombaan tentunya memiliki panitia, sponsor, dan peserta dari banyak latar belakang. Terutama dalam sebuah lomba yang diadakan oleh sebuah perusahaan pasti terdapat banyak orang penting dalam perusahaan yang mengawasi jalannya perlombaan. Hal ini dapat menjadi sarana bagi kita untuk membangun relasi dengan orang-orang dalam dunia kerja. Memperkenalkan diri dan memperlihatkan kemampuan dalam perlombaan dapat menambah koneksi yang mungkin diperlukan pada saat akan memasuki dunia kerja.

  1. Menambah daftar pengalaman pada data diri

Saat akan melamar sebuah pekerjaan, tentunya diperlukan data diri atau resume sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan. Dengan mengikuti lomba dan mempromosikannya dalam data diri, tentunya akan memberikan nilai tambah dan membuat kita stand out dibandingkan dengan para pelamar yang lain.

  1. Tantangan untuk diri sendiri

Untuk mengembangkan diri tentu kita perlu selalu menghadapi tantangan yang baru. Dengan mengikuti lomba, diri kita akan tertantang untuk berpikir out of the box, mengaplikasikan skill, dan menambah pengetahuan baru.

  1. Mewujudkan mimpi

Mengikuti perlombaan dapat membuka banyak jalan baru, seperti beasiswa untuk pendidikan lanjut yang kita inginkan, pendanaan untuk ide yang dibuat, atau bahkan pekerjaan di perusahaan yang kita inginkan. Tidak lupa juga dengan kesempatan untuk pergi ke tempat yang kita inginkan bila mengikuti lomba dari luar kota atau bahkan internasional.

  1. Menguji ide

Dalam perlombaan terutama perlombaan bisnis, peserta akan diminta untuk membuat sebuah ide atau solusi baru untuk menyelesaikan sebuah masalah atau membuat ide usaha dan bisnis baru. Dengan mengenalkan ide yang kita miliki dalam sebuah perlombaan, kita dapat menguji kebenaran ide kita dan bahkan mendapatkan kritik dan saran yang akan membuat ide kita semakin baik.

Ini adalah beberapa alasan dan keuntungan dari mengikuti lomba. Tentunya masih banyak lagi keuntungan lain yang akan didapat dengan mengikuti perlombaan dan kompetisi selama menjalani masa perkuliahan. Jadi, jangan takut untuk mencoba dan aktif mengikuti kompetisi yang ada.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close