People Innovation Excellence

Bagaimana Cara Mengatur Waktu Yang Efektif

Dalam menjalani aktivitas sehari – hari pasti kita akan selalu memiliki kegiatan yang telah direncanakan. Banyak dari kita yang telah membuat perencanaan kegiatan tetapi mereka kurang memperhatikan pembagian waktu yang tepat sehingga beberapa kegiatan yang telah direncanakan menjadi terlambat atau bahkan batal dilakukan. Paling sering kita temukan jika seseorang memberikan alasan tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan beberapa kegiatan yang sebenarnya dapat dilakukan jika dia dapat mengatur waktu setiap kegiatan dengan efektif.

Perlu diingat bahwa mengatur waktu bukanlah mengerjakan kegiatan tersebut dalam hari yang sama atau memadatkan kegiatan tersebut dalam beberapa hari sehingga semua langsung selesai, tetapi lebih kepada membuatnya lebih sederhana, dapat dilakukan dengan lebih cepat, dan tidak membuat stress. Sangatlah penting membangun strategi yang efektif untuk mengatur waktu setiap kegiatan yang dimiliki. Keberhasilan membangun strategi manajemen waktu dapat membantu kalian menjadi lebih efektif dalam menyelesaikan tugas – tugas yang ada dan memiliki banyak waktu luang untuk mengerjakan hal penting lain.

 Bagaimana cara mengatur waktu yang efektif? Berikut adalah beberapa cara yang dilakukan untuk membangun strategi efektif dalam mengatur waktu (Bruce Woodcock, University of Kent):

  1. Keeping a to – do List

Membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan, karena tidak mungkin kita mengingat semua kegiatan yang akan kita lakukan terutama saat kita terfokus pada 1 pekerjaan yang sangat membutuhkan konsentrasi tinggi, sehingga lupa akan batasan waktu yang dimiliki dan kegiatan selanjutnya yang harus dilakukan. Dengan membuat daftar kegiatan, kita dapat membuat pengingat (reminder) di masing – masing mobile phone yang kita miliki sehingga semua dapat terjadwal sesuai dengan waktunya.

  1. Setting Goals

Membuat tujuan yang spesifik dan jelas, pastikan semua realistis dan dapat dicapai. Untuk menentukan tujuan dari setiap kegiatan yang akan dilakukan pastikan kondisi yang sedang dihadapi sekarang dan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

  1. Prioritizing

Memprioritaskan kegiatan yang penting terlebih dahulu dari list kegiatan yang telah dibuat untuk menentukan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Hal ini untuk menghindari kecenderungan terlalu berkonsentrasi saat mengerjakan hal yang mudah sehingga membuang waktu.

  1. Avoiding Procrastination

Menghindari untuk menunda – nunda mengerjakan pekerjaan. Jika, kita terlalu banyak menunda – nunda hal penting yang harusnya dikerjakan, maka akan membuat pekerjaan tersebut semakin menumpuk. Sangat penting menumbuhkan pemikiran waktu yang sangat baik untuk mengerjakan hal penting adalah “SEKARANG”.

  1. Breaking Down Task

Membuat perincian kegiatan yang akan dilakukan dari setiap tujuan yang ingin dicapai. Sehingga kita dapat mengetahui sudah sampai mana perkembangannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

  1. Persevering

Semua kegiatan yang dilakukan tidak semuanya akan berjalan dengan lancar. Ketika mengalami kegagalan, kita harus tetap gigih dan belajar untuk mengatasi kegagalan tersebut. Salah satu contoh yang dilakukan adalah dengan cara sharing mengenai kegiatan dan permasalahannya sehingga dapat mengurangi beban dan mendapatkan saran dari keluarga ataupun sahabat.

  1. Organizing Your Time using a Time Log

Membuat catatan waktu dari setiap kegiatan yang dilakukan sehari – hari untuk menyingkirkan waktu yang terbuang sia – sia. Membatasi waktu untuk setiap kegiatan yang kurang bermanfaat seperti nonton TV, bermain game, dan internet. Bisa dimulai dengan membuat catatan waktu dari kegiatan yang dilakukan selama 7 hari dengan jarak waktu 30 menit mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur.

  1. Revising for Examinations

Setiap periode yang ditentukan, kita dapat melakukan pengecekan apakah strategi manajemen waktu tersebut sudah paling efektif untuk kita. Jika memang masih dapat dibuat lebih menjadi efektif, kita dapat melakukan revisi pada strategi yang telah diterapkan sehingga dapat menemukan strategi manajemen waktu yang sangat efektif untuk kita.

REFERENCES

Bates, J. (2014, January 27). Work Smarter, Not Harder: 21 Time Management Tips to Hack Productivity | Creativity Post. Retrieved January 14, 2017, from http://www.creativitypost.com/create/work_smarter_not_harder_21_time_management_tips_to_hack_productivity

Bruce Woodcock, University of Kent. (n.d.). How to Manage Your Time Effectively. Retrieved January 14, 2017, from https://www.kent.ac.uk/careers/sk/time.htm

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close