People Innovation Excellence

Gerakan Tangan ini Akan Membuat Anda Menjadi Pembicara yang Baik

Terkadang kita berpikir bahwa orang yang berbicara menggunakan gerakan tangan adalah orang yang dramatis atau berlebihan. Tapi nyatanya tidak seburuk itu jika Anda memang menggunakan gerakan tangan dengan benar. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa gerakan tangan sangatlah penting dalam mendukung terbentuknya karisma seseorang. Gerakan tangan itu dapat memperlihatkan intensitas, perhatian, dan juga memberikan kepercayaan yang besar pada orang yang melihat kita berbicara. Selain itu, semakin Anda menggunakan gerakan tangan pada saat sedang berbicara, Anda akan menjadi lebih berkesan di pandangan mata orang lain. Dan terkadang dapat membantu Anda sendiri untuk mengingat hal yang pernah Anda katakan dengan cara menggerakkan kembali gerakan tangan yang sama. Namun gerakan tangan yang dimaksud bukanlah gerakan tangan yang asal-asalan.

Beberapa gerakan tangan berikut ini dapat Anda gunakan ketika berbicara, bercerita dan juga menjelaskan sesuatu pada orang lain :

  • Gunakan tangan untuk mewakili angka yang Anda sebutkan

Kapanpun Anda menjelaskan angka, Anda harus menunjukkan angka tersebut. Seperti pada saat mengucapkan “Saya berkenalan dengan 3 orang baru hari ini” atau “Saya telah menghabiskan 4 porsi puding”. Bahkan jika kita sedang berbicara pada anak kecil dan menunjukkan gerakan tangan sesuai dengan angka yang kita katakan, itu akan menempel pada ingatan mereka.

Menyatakan angka 1, 2, 3, 4, 5

  • Gunakan tangan untuk menyatakan kenaikan atau penurunan

Ketika Anda sedang menjelaskan mengenai sebuah pertumbuhan besar, maka tunjukkanlah pertumbuhan itu dengan gerakan tangan yang mengarah naik ke atas. Ketika sedang menjelaskan “Ini hanya permasalahan yang kecil”, tunjukkanlah gerakan tangan yang menunjukkan hanya sedikit. Dengan begitu lawan bicara Anda akan terbayang bahwa masalah yang dihadapi tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Jika ternyata Anda menggunakan gerakan tangan yang salah seperti saat menjelaskan “Kita mendapatkan masalah yang besar” dengan menunjukkan gerakan tangan yang jaraknya hanya sedikit, lawan bicaramu akan menjadi bingung dan tidak dapat cepat menangkap apa yang Anda maksudkan.

Menyatakan besar, kecil

  • Gunakan tangan pada saat membicarakan sesuatu yang emosional

Cara paling mudah untuk menyatakan itu yaitu dengan menggerakan atau menaruh tangan di sekitar daerah tengah-tengah dada. Jika Anda berbicara “Hal ini sangat penting bagi saya” sambil menaruh tangan di bagian tengah-tengah dada anda, lawan bicara akan lebih memperhatikan Anda karena mereka merasa “Aku dapat merasakannya”.

Menyatakan sesuatu yang emosional

  • Gunakan tangan pada saat menjelaskan pembagian

Gerakan tangan kita akan membantu pendengar untuk tetap mengikuti apa yang kita jelaskan. Misalkan kita membicarakan mengenai 2 kelompok mahasiswa di dalam kelas, kelompok mahasiswa berisik namun pintar dan kelompok mahasiswa pendiam namun kurang pintar. Kelompok mahasiswa berisik namun pintar kita wakilkan dengan tangan kiri, kemudian kelompok mahasiswa pendiam namun kurang pintar diwakilkan tangan kanan. Dengan menggunakan gerakan tangan untuk mewakili kedua kelompok tersebut, gerakan tangan tersebut akan memudahkan pendengar atau lawan bicara untuk terus mengikuti apa yang sedang Anda bicarakan.

Menyatakan pembagian

  • Gunakan tangan pada saat membicarakan sesuatu yang bergabung

Seperti sedang membicarakan “kelompok mahasiswa berisik namun pintar (tangan kiri) dengan kelompok mahasiswa pendiam namun kurang pintar (tangan kanan) akan tampil bersama di acara ulang tahun kampus”. Pada saat mengatakan “tampil bersama”, gunakan gerakan tangan yang menyatu.

Menyatakan menyatu

  • Gunakan tangan untuk menyatakan lambang

Gerakan tangan ini menyatakan beberapa hal seperti, “keadaan saya baik-baik saja” dengan menggunakan gerakan tangan tanda ‘OK’. Atau pada saat menyatakan “Anda telah melakukan pekerjaan dengan baik” gunakan gerakan tangan mengacungkan jempol. Namun ketika ingin menunjukkan sesuatu, hindari menggunakan gerakan tangan menunjuk. Karena menunjuk dengan jari telunjuk terkadang terkesan tidak sopan. Akan lebih baik jika menunjukkan sesuatu dengan menggunakan tangan terbuka. Bagi beberapa orang, akan lebih sopan jika menunjuk menggunakan jari jempol yang menempel pada 4 jari tertutup.

Menyatakan OK, bagus/ baik

  • Gunakan tangan untuk mengatakan Saya, Anda & Kita

Pada saat mengatakan “Saya”, gerakkan tangan ke arah Anda. Ketika mengatakan “Anda”, arahkan tangan pada orang tersebut. Kemudian ketika mengatakan “Kita”, gerakkan tangan ke arah orang tersebut lalu ke Anda. Hal ini akan membuat apa yang ingin Anda sampaikan lebih dimengerti.

Menyatakan Anda


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close