People Innovation Excellence

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-MARKETING PADA PT. PERWIRA INDO WIRE


ABSTRAK

            Banyak perusahaan di Indonesia yang sudah mengarahkan bisnisnya untuk memasarkan produk ataupun jasanya melalui internet atau yang dikenal sebagai e-marketing. Salah satu rumusan strategi khususnya pemasaran dengan menggunakan website telah menjadi penyebar informasi yang cepat, luas, dan mudah diakses dengan biaya yang terjangkau. Tujuan penelitian yaitu untuk menentukan e-marketing merupakan strategi tepat bagi PT. Perwira Indo Wire, merancang e-marketing yang mendukung pemasaran PT. Perwira Indo Wire. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Seven Step E-Marketing Plan dan OOAD. Hasil analisis menunjukkan e-marketing merupakan strategi yang tepat bagi PT. Perwira Indo Wire untuk meningkatkan pangsa pasar dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan membangun sebuah website E-Marketing. Denganwebsite E-Marketing, dalam target, segmentation, differentiation dan positioning perusahaan mempunyai kemampuan lebih yaitu meningkatkan jangkauan pasar yang lebih luas yaitu seluruh Indonesia. Perancangan website E-Marketing meliputi fitur contact us, newsletter, dan product catalog.

 Kata Kunci : E-Marketing, seven step, OOAD, STPD

 PENDAHULUAN

Pemasaran (marketing) merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh para pebisnis untuk dapat berkembang, memperoleh laba dan mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Tercapainya tujuan bisnis tergantung pada kemampuan perusahaan di bidang pemasaran, produksi, keuangan dan bidang lainnya.. Perusahaan harus dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan dengan kualitas yang diharapkan, sehingga perusahaan mampu menghadapi tantangan dari para pesaing terutama dalam bidang pemasaran.

Diikuti dengan perkembangan zaman, bisnis juga berkembang kearah pemanfaatan media canggih dalam memperluas jaringan dan menarik keuntungan lebih. Banyak bisnis individu ataupun organisasi yang menawarakan produk mereka melalui jaringan internet. Pemanfaatan teknologi informasi berupa internet ini untuk membantu dan mendukung setiap aktivitas yang dilakukan oleh pebisnis, seperti melakukan komunikasi, mengumpulkan, menyebarkan informasi dan masih banyak lagi aktivitas yang dilakukan dengan adanya teknologi informasi.

Di Negara Indonesia, pengguna internet mengalami peningkatan dari tahun ke tahun terlihat dari data APJII menunjukkan jumlah pengguna internet hingga tahun 2015 mencapai 139 juta pengguna. Teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan pun semakin lama semakin canggih. Banyak perusahaan di Indonesia yang sudah mengarahkan bisnisnya untuk memasarkan produk ataupun jasanya melalui internet atau yang dikenal sebagai Electronic Marketing (E-Marketing). Salah satu rumusan strategi khususnya pemasaran dengan menggunakan website telah menjadi penyebar informasi yang cepat, luas, dan mudah diakses dengan biaya yang terjangkau. Pengunaannya sendiri pun beragam, mulai dari social media  yang memungkinkan komunikasi di tempat yang berbeda, browsing untuk pencarian berita, serta digunakan untuk usaha bisnis. Strategi pada E-marketing yang dapat diterapkan di  Indonesia dapat melalui pembuatan Website maupun page pada social media seperti Facebook dan Twitter. Pengunaanya sendiri dinilai efektif dalam membantu pemasaran yang sebelumnya hanya memakai media brosur dan cara tradisional lain.

Gambar 2 Keefektifan dalam aktivitas pemasaran

Berdasarkan survei yang dilakukan ConstantContact, promosi dengan menggunakan pemasaran tradisional hanya dinilai sebagai cara efektif sebesar 17%, sedangkan penggunaan Website dalam pemasaran sendiri mencapai 71% keefektifannya.

  1. Perwira Indo Wire adalah perusahaan manufacturing wiremesh yang berlokasi di Jl.Raya By Pass Krian KM 28,8 No.9 Krian – Sidoarjo. PT. Perwira Indo Wire merupakan cabang PT. Perwira. PT. Perwira Indo Wire menawarkan Jasa wiremesh (tooling). PT. Perwira Indo Wire adalah perusahaan distributor bahan baku besi dimana bahan yang diproduksi oleh perusahaan berkualitas. Bahan baku besi ini digunakan dalam pembangunan gedung, rumah, kantor dan sejenisnya. PT. Perwira Indo Wire menjual jasanya secara B2B (Business to Business) dan B2C (Buisiness to Consumer) karena pelanggannya bisa merupakan perusahaan dan konsumen biasa yang berlatar belakang pengusaha, karyawan swasta, atau keluarga.

PT Perwira Indo Wire ingin memasarkan produknya secara cepat dan mudah melalui media internet, dimana saat ini perusahaan memasarkan produknya melalui brosur dan media cetak lainnya, bahkan perusahaan memasarkan produk dan jasanya menggunakan cara mulut ke mulut atau networking. Strategi yang dilakukan perusahaan saat ini jangkauannya masih sangat terbatas.

Terlihat pada Tabel 1.1 berikut ini yang menunjukkan bahwa selama tiga tahun terakhir ini belum ada peningkatan jumlah pelanggan dan volume penjualan secara signifikan, hal tersebut disebabkan oleh jangkauan pemasaran PT. Perwira Indo Wire terbatas hanya di pulau jawa dikarenakan proses pemasaran yang masih konvensional.

Perusahaan menyadari bahwa proses pemasaran yang sekarang menimbulkan kesulitan bagi para calon pelanggan untuk menghubungi dan berkomunikasi dengan perusahaan, dan pelanggan maupun calon pelanggan juga tidak dapat mengetahui produk-produk apa saja yang tersedia beserta spesifikasi produk secara jelas. Dengan kondisi perusahaan saat ini yang kesulitan dalam proses pemasaran, maka PT. Perwira Indo Wire perlu mengembangkan strategi pemasarannya yang berfokus pada penerapan media internet, dikarenakan adanya pelanggan maupun calon pelanggan yang juga telah menggunakan email sebagai alat komunikasi dan bertukar informasi.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close