People Innovation Excellence

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-MARKETING PADA PT. PERWIRA INDO WIRE

METODE PENELITIAN DAN PERANCANGAN

Desain Penelitian

Metodologi yang akan digunakan didalam perancangan ini adalah sebagai berikut:

  1. Metode Pengumpulan Data
    1. Studi Pustaka

Penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca, mencari dan mengumpulkan data-data yang bersifat teoritis yang berhubungan dengan masalah, serta mencari informasi pendukung lain melalui media cetak dan internet.

  1. Survei Lapangan

Memperoleh informasi dengan melakukan wawancara secara langsung ke pihak perusahaan untuk mendapatkan informasi yang lebih objektif.

  1. Kuesioner

Menyebarkan kuesioner ke pelanggan untuk memperoleh data mengenai kebutuhan dan preferensi pelanggan, sehingga website yang dibangun dapat digunakan secara efektif.

 

  1. Metode Analisis dan Perancangan

Metode analisis dan perancangan pada PT. Perwira Indo Wire yaitu menggunakan metode Seven Step E-Marketing Plan dan OOAD.

 

Metode Analisis

Metode E-Marketing Plan Process dengan menggunakan tahapan pertama sampai ketiga, yaitu :

  1. Situation Analysis

Untuk meninjau lingkungan dan analisis SWOT perusahaan, rencana marketing yang ada dan informasi perusahaan, tujuan bisnis strategi, dan kinerja matriks.

Analisis SWOT

Gambar 3 Analisis SWOT

Kuadran 1: Ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).

Kuadran 2: Meskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar).

Kuadran 3: Perusahaan menghadapi peluang pasar yang sangat besar, tetapi di lain pihak, ia menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Kondisi bisnis pada kuadran 3 ini mirip dengan Question Mark pada BCG Matrix. Fokus strategi perusahaan ini adalah  meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih baik. Misalnya, Apple menggunakan strategi peninjauan kembali teknologi yang dipergunakan dengan cara menawarkan produk-produk baru dalam industri microcomputer.

Kuadran 4: Ini merupakan situasi yang sangat tidak menguntungkan, perusahaan tersebut menghadapi berbagai ancaman dan kelemahaan internal.”

  1. E-Marketing Strategic Planning

Melakukan perencanaan strategic termasuk analisis kesempatan marketing untuk mengembangkan segmentasi, targeting, differensiasi dan strategi positioning.

  1. Objectives

Merumuskan tujuan-tujuan perusahaan yang dapat menggunakan matriks objektif strategi untuk memandu implementasi.

 Metode Perancangan

Metode perancangan menggunakan 4 tahap terakhir dari “E-Marketing Plan Process”  yang meliputi :

  1. E-Marketing Strategy

Mendesain strategi e-marketing untuk 4P(Product, Pricing, Place, Promotion) sertaDistribution, Marketing Communication, danRelationship Management.

  1. Implementation Plan

Mengembangkan rencana implementasi menggunakan marketing mix 4P yang cocok dengan perusahaan.

  1. Budget

Menyiapkan biaya implementasi dan biaya yang dapat ditekan untuk mengukur perbandingan biaya e-marketing.

  1. Evaluation Plan

Untuk mengukur hasil dan mengevaluasi keberhasilan rencana dalam basis yang terus-menerus, dimana tahapan ini tidak dijadikan dikarenakan keterbatasan waktu.

Perancangan website dengan menggunakan ObjectOrientedAnalysis and Design(OOAD) yang terdiri dari:

  • Usecase Diagram
  • Activity Diagram
  • Usecase Description
  • Class Diagram
  • Multilayer Sequence Diagram
  • User interface

Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close