People Innovation Excellence

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN PADA PT. ROBINA PUTRA PERKASA

ABSTRAK

 Teknologi informasi diera globalisasi sekarang ini memiliki peran yang sangat penting bagi proses bisnis pada suatu perusahaan. Dengan adanya dukungan teknologi informasi pada perusahaan dapat mendukung pengendalian kegiatan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam menjalankan kegiatan usahanya, suatu perusahaan pasti menjalankan kegiatan transaksi-transaksi pembelian dan persediaan barang. Memiliki teknologi informasi merupakan software yang tepat untuk keberhasilan proses bisnis secara keseluruhan. Proses bisnis Hotel Holiday Inn Express kurang mengalami perkembangan dikarenakan sistem yang berjalan masih manual sehingga dapat menimbulkan kesalahan pencatatan. Penulisan ini menggunakan metodologi  System Development Life Cycle dimana metodologi ini memiliki tahapan yaitu system planning, system analysis, system design. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, metode wawancara dan studi kepustakaan. Hasil akhir dari research ini adalah menghasilkan sebuah perancangan sistem yang dapat mempermudah proses pembelian yang sesuai dengan kebutuhan persediaan perusahaan dan mengurangi terjadinya kesalahan pencatatan.

Kata Kunci : Perancangan sistem informasi akuntansi, System Development Life Cycle, software

 

PENDAHULUAN

 Teknologi informasi di era globalisasi sekarang ini memiliki peran yang sangat penting bagi proses bisnis pada suatu perusahaan. Dengan adanya dukungan teknologi informasi pada perusahaan dapat mendukung pengendalian kegiatan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien  (­Sääksjärvi, 2010). Dukungan teknologi informasi dalam perusahaan juga dapat menciptakan keunggulan bersaing bagi perusahaan tersebut. Dalam proses bisnis dibutuhkan sistem pengolahan informasi yang baik agar keputusan yang diambil adalah keputusan yang tepat. Untuk mengolah informasi yang baik maka dibutuhkan sistem informasi yang tepat dan akurat agar setiap infomasi dapat diolah dengan baik dan tepat. Hal inilah yang menjadikan teknologi berperan sangat penting dalam menunjang setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan  (Wang & Shi, 2011).

Di dalam dunia bisnis setiap perusahaan pasti menghadapi suatu persaingan yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu perusahaan yang ingin tetap bertahan dalam dunia bisnis harus menghadapi tuntutan bisnis yang terus berkembang. Hal ini mendorong setiap perusahaan untuk dapat meningkatkan mutu dan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan agar dapat memenangkan persaingan bisnis.

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, suatu perusahaan pasti menjalankan kegiatan transaksi-transaksi pembelian persediaan barang yang berperan dalam menunjang jalannya kegiatan perusahaan. Teknologi informasi termasuk software dan hardware sangat berguna untuk meningkatkan akurasi dalam persediaan dan mengorganisasi product services seperti dalam inventory management dan pembelian  (Badrakhan, 2011). Memiliki dan menggunakan software yang tepat sangat penting untuk keberhasilan proses bisnis secara keseluruhan. Software yang sesuai dapat menyederhanakan proses pembelian dan persediaan melalui otomatisasi, sehingga memastikan dapat mengontrol lebih ketat dalam proses pembelian dan persediaan, dan memenuhi peraturan yang sesuai dengan aturan perusahan dalam menjalankan proses pembelian dan persediaan (Scioscia, 2014).

Dalam proses pembelian persediaan barang PT. ROBINA PUTRA PERKASA, terdapat prosedur-prosedur yang kompleks dan berbagai macam dokumen yang dibutuhkan dalam kegiatan ini. Dari banyaknya kegiatan transaksi pembelian maka diperlukan pengontrolan dari setiap transaksi yang dilakukan karena efektifitas pembelian merupakan salah satu faktor peningkat performa bisnis  (Ronchi, Wu, Wang, & Zhang, 2011). Oleh karena itu maka diperlukan analisa dan perancangan pada sistem yang sedang berjalan supaya dapat dikontrol dengan baik dan dapat dilakukan perbaikan dari sistem pembelian dan persediaan barang yang sedang berjalan.

Tujuan yang ingin diperoleh yaitu: Menganalisis masalah yang bersangkutan dengan sistem informasi akuntansi pada siklus pembelian dan persediaan PT. ROBINA PUTRA PERKASA. Mengidentifikasi prosedur dan proses bisnis yang ada pada PT. ROBINA PUTRA PERKASA. Membuat perancangan sistem informasi akuntansi pada siklus pembelian dan persediaan yang didasarkan pada proses bisnis PT. ROBINA PUTRA PERKASA.

Manfaat yang dapat diharapkan setelah tujuan diatas dapat tercapai yaitu: Mengevaluasi sistem informasi akuntansi pada siklus pembelian dan persediaan pada PT. ROBINA PUTRA PERKASA. Membantu PT. ROBINA PUTRA PERKASA dalam memberikan solusi penyelesaian dan meminimalisir risiko terjadinya kesalahan yang timbul pada siklus pembelian dan persediaan PT. ROBINA PUTRA PERKASA. Menghasilkan suatu sistem baru yang dapat dipergunakan perusahaan dalam mengontrol kegiatan pembelian persediaan barang.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close