People Innovation Excellence

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN PADA PT. ROBINA PUTRA PERKASA

METODE PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah metode pengumpulan data dan metode pengembangan sistem. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: studi kepustakaan, studi lapangan dengan melakukan observasi ke perusahaan tentang proses yang terkait dengan pembelian dan persediaan, guna mendapatkan gambaran dari proses yang terjadi, wawancara (interview) secara langsung dengan bagian yang terkait terhadap permasalahan penggajian, dokumentasi dengan menganalisis langsung bukti tertulis untuk dianalisis seperti company profile perusahaan, struktur organisasi perusahaan, purchase order, kartu stok, dll, metode analisis dilakukan dari hasil observasi dan wawancara yang dirubah menjadi narasi dan diagram aktivitas menggunakan Visual Paradigm. Metode pengembangan sistem menggunakan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) dengan menggunakan Object Oriented Analysis and Design (OOAD).

 

HASIL DAN BAHASAN

  1. Robina Putra Perkasa adalah salah satu perusahaan jasa yang bergerak di bidang perhotelan. Sejauh ini PT. Robina Putra Perkasa telah memiliki 6 cabang hotel di seluruh Indonesia seperti di Jakarta, Malang, dan Bali. Salah satu cabang hotel dari PT. Robina Putra Perkasa adalah Hotel Holiday Inn Express Jakarta Wahid Hasyim. Hotel Holiday Inn Express Jakarta Wahid Hasyim adalah hotel terbaru dalam pertumbuhan Hotel Holiday Inn Express di Indonesia. Hotel ini berdiri pada tahun 2013 dan berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim. Hotel yang memiliki 160 kamar ini hanya membutuhkan waktu 10 menit perjalanan ke Jalan MH. Thamrin, Jendral Sudirman, Gatot Subroto dan Kuningan, area pusat bisnis di Jakarta. Hotel ini juga sangat dekat dengan Sarinah Thamrin Shopping Mall dan Pasar Tanah Abang, pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara sehingga memudahkan para pengunjung untuk berbelanja. Untuk business travelers, lokasi hotel ini menawarkan akses yang mudah menuju perusahaan-perusahaan dan kantor-kantor pemerintah sepanjang Jl. MH Thamrin dan Jl. Wahid Hasyim seperti Menara Cakrawala atau Menara Thamrin dan juga Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Selain lokasi hotel yang sangat bagus, para pengunjung juga akan menikmati suasana yang nyaman, pengalaman mudah menjangkau wilayah di sekitarnya dan juga kamar yang nyaman dan berbagai fasilitas termasuk 24 jam ruang fitnes, ruang self-service laundry, dan internet. Akses Free Wi-Fi tersedia di seluruh hotel dan Free Express Start Breakfast atau pilihan Grab&Go untuk pengunjung yang sedang dalam keadaan buru-buru. Setiap kamar dilengkapi dengan seprai khusus dan bantal lembut untuk kenyamanan tidur pengunjung. Tujuan dari usaha perhotelan ini adalah mencari keuntungan dengan menyewakan fasilitas dan menjual pelayanan kepada para pengunjung.

Prosedur pembelian dan persediaan di perusahaan

Hotel Holidayy Inn Express menggunakan metodologi ROP (Re Order Point) untuk menentukan angka minimal. Menurut Bambang Riyanto (2010:83) faktor-faktor dari ROP adalah :

  1. Penggunaan material selama tenggang waktu mendapatkan barang (procurement lead time).
  2. Besarnya Safety Stock.

Rumus dari ROP (Re Order Point) adalah

Re Order Point= (Lead Time× Penggunaan perhari)+ Safety Stock

Sebagai contoh untuk menetapkan ROP (Re Order Point), ROP dapat ditetapkan dengan berbagai cara, antara lain adalah :

  1. Menetapkan jumlah penggunaan selama lead time dan ditambah dengan persentase tertentu. Misalnya, ditetapkan bahwa Safety Stock sebesar 50% dari penggunaan selama Lead Time dan ditetapkan bahwa Lead Timenya adalah 5 minggu, sedangkan kebutuhan materialnya setiap minggunya adalah 40 unit.

Re Order Point = (5 × 40)+ 50% (5 × 40)

                                    = 200 + 100

=300 unit

  1. Dengan menetapkan penggunaan selama Lead Time dan ditambah dengan penggunaan selama periode tertentu sebagai Safety Stock, misalkan, kebutuhan selama 4 minggu.

Re Order Point= (5 × 40) + (4 × 40)

= 200 + 160

= 360 unit


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close