People Innovation Excellence

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI LOGISTIK DARI PORT TO WAREHOUSE PADA PT XYZ

ABSTRAK

            Tujuan penelitian, ialah melakukan analisis dan merancang sistem basis data yang terintegrasi untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan khususnya administrasi import serta merancang basis data yang membantu user untuk mengolah data. Metode yang digunakan adalah metode perancangan berbasis object oriented analysis and design (OOAD). Hasil yang dicapai setelah dilakukan usulan sistem baru adalah perusahaan diharapkan dapat untuk melakukan kegiatan operasional, serta mempermudah perusahaan untuk mengakses informasi yang dibutuhkan. Simpulan adalah dengan melakukan analisis dan perancangan sistem, diharapkan perusahaan mampu untuk menjalankan kegiatan operasionalnya dengan baik. (VN)

Kata Kunci : basis data,object oriented analysis and design (OOAD)

PENDAHULUAN

Pada era globalisasi ini pemanfaatan waktu yang efektif dan efisien sangatlah penting terutama dalam mendapatkan informasi serta pemanfaatan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. persaingan bisnis yang semakin ketat dimasa kini menuntut perusahaan untuk menggunakan kemampuan yang ada semaksimal mungkin agar memiliki daya saing yang kuat sehingga dapat tetap bertahan dalam persaingan tersebut. Menurut Saputra (2010:1073), di dalam dunia bisnis, setiap perusahaan menghadapi suatu persaingan yang tidak dapat dihindari.

Pemanfaatan Teknologi informasi yang sangat pesat saat ini dapat menjadi salah satu solusi dalam menghadapi persaingan bisnis. Perusahaan-perusahaan kini harus menyelaraskan teknologi dengan kebutuhan perusahaan.

Nnenna dalam jurnalnya yang berjudul “The Use Accounting Information as an Aid to Management in Decision Making” (2012: 61) mengemukakan bahwa penggunaan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dapat meningkatkan pengambilan keputusan dalam organisasi, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara penggunaan SIA dalam perusahaan dan efisiensi manajerial. SIA membantu mengatur dan mengendalikan hal-hal yang berkaitan dengan bagian keuangan. Pengaturan dan pengendalian tersebut akan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan, kecurangan, dan mempercepat kegiatan bisnis dalam perusahaan.

Dengan adanya SIA dan dibantu dengan sistem logistik yang dibangun di harapkan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan akan informasi yang berkaitan dalam proses bisnis perusahaan tersebut Dengan Penerapan SIA ini dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan,yang berhubungan dengan pengendalian kinerja dalam perusahaan,transaksi keuangan,evaluasi kinerja,serta memfasilitasi proses transaksi keuangan perusahaan

Seiring berjalannya waktu internet berkembang sangat pesat. Internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi dalam kehidupan masyarakat, dimana internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia dalam bertukar informasi, bisnis, edukasi bahkan hiburan. Internet dapat diakses dengan mudah melalui perangkat seperti komputer, smartphone, dll. Internet juga dapat diakses kapan saja dan dimana saja.Pada saat ini internet juga dapat di gunakan dalam mendukung basis data,sehingga basis data akan mudah di akses tanpa terhambat oleh lokasi dan waktu.

Menurut Zulkarnain (2014) ekspor dan impor merupakan roda perekonomian bangsa dan juga sumber pendapatan negara. PT. XYZ adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang import dimana menyediakan jasa penerimaan barang dari port to warehouse.Dalam kegiatan bisnis sehari-harinya import barang yang dilakukan sangatlah besar sehingga diharapkan dengan Sistem Informasi Akuntansi ini dapat membantu perusahaan dalam kegiatan operational serta juga membantu perusahaan dalam  meningkatkan efiesiensi kinerja perusahaan.

Ruang Lingkup

Agar masalah dapat lebih terarah pada tujuan penelitian serta penyusunan laporan skripsi sehingga dapat memberikan manfaat yang diharapkan, maka penulis melakukan pembatasan ruang lingkup dalam penelitian ini,yaitu :

  1. Pendataan data customer dan karyawan sesuai dengan data yang di butuhkan perusahaan.
  2. Pengangkutan barang yang dilakukan oleh perusahaan dari port to warehouse perusahaan
  3. Pembayaran oleh customer dalam penggunaan jasa import

Tujuan dan Manfaat

Tujuan

Tujuan dalam penelitian adalah sebagai berikut :

  • Merancang sistem yang terintegrasi untuk mendukung kegiatan operasional
  • Merancang sistem yang dapat membantu user dalam menginput dan menyimpan data (termasuk dokumen pelayaran, data consignee, data customer).

Merancang sistem yang membantu perusahaan dalam membuat laporan customer goods dan penerimaan kas masuk dari kegiatan operasional

 

Manfaat

Adapun manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah :

  • Mempermudah PT. XYZ dalam melakukan kegiatan oprasional khususnya administrasi import
  • Mempermudah user dalam perusahaan dalam melakukan input,mencari serta pengolahan data
  • Mempermudah PT. XYZ dalam mengakses informasi yang dibutuhkan
  • Mempermudah PT.XYZ dalam mengambil keputusan

Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close