People Innovation Excellence

PERMASALAHAN KEGIATAN REKRUTMEN BERBASIS WEB PADA PT. TRIPATRA

Era globalisasi seperti sekarang, teknologi berkembang dengan amat pesat. Banyak pula aplikasi–aplikasi yang di kembangkan setiap saat untuk membantu kehidupan manusia. Setiap aplikasi yang di kembangkan terasa bukan lagi hanya pelengkap semata, namun sudah menjadi kebutuhan yang menunjang kehidupan. Sistem informasi sebagai infrasutruktur yang mampu  menangani pengelolaan data dan informasi menjadi sangat penting bagi perusahaan di era globalisasi  ini. Persaingan bisnis saat ini sangatlah ketat. Dalam menghadapi persaingan tersebut perusahaan membutuhkan inovasi terbaru yang dapat meningkatkan nilai jual perusahaan tersebut. Oleh karena itu perusahaan sangat membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang memadahi untuk menjalankan visi dan misi perusahaan.

Seiring dengan perkembangan teknologi. Database menjadi sangat penting bagi perusahaan. Secara umum database merupakan kesatuan dari objek-objek berupa table, dimana table-table tersebut merupakan record-record data perusahaan. Pemakaian basis data juga memungkinkan beberapa divisi perusahaan untuk saling berhubungan bertukar informasi hanya dengan satu komputer. Keuntungan pengunaan basis data sendiri yaitu penyimpanan data yang terintegrasi, mengurangi redudansi data, dan mempermudah dalam mengakses data.

Untuk menciptakan keunggulan yang kompetitif dan kinerja organisasi yang lebih tinggi, perusahaan harus memulai dengan merekrut pelamar yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan (juga disebut kemampuan) untuk benar-benar melakukan pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan. Merekrut orang dengan kompetensi dan keterampilan (kemampuan) yang tidak sesuai dapat mempengaruhi kinerja perusahaan dan selanjutnya sumber daya manusia di organisasi perusahaan tersebut, hal itu juga dapat memperlambat pertumbuhan perusahaan. Sebaliknya, perekrutan lebih efektif jika memungkinkan organisasi untuk menarik pelamar dengan kemampuan yang tepat, yang memenuhi harapan organisasi.

Dengan semakin berkembangnya teknologi internet, manusia semakin di mudahkan dalam pencarian informasi. Internet adalah merupakan sebuah jaringan komunikasi global yang dapat menghubungkan komputer ke komputer lain dengan menggunakan jaringan telepon, satelit dan sebagainya. Manfaat internet untuk saat ini ialah, mencari informasi, berbagi informasi dengan mudah, berkomunikasi, hiburan, bahkan untuk mencari pekerjaan. Untuk saat ini, internet menjadi sebuah kebutuhan penting dalam suatu organisasi, karena sarana ini dapat memudahkan organisasi dalam banyak hal, terutama dalam bagian pendaftaran calon pekerja baru. Proses seperti ini sering disebut dengan e-recruitment, yaitu calon pekerja baru mengirim lamaran mereka pada website organisasi tersebut. ruang lingkup e-recruitment dapat juga melibatkan untuk wawancara jarak jauh dan penilaian, seperti psikometri dan tes attitude secara online. Selain itu, alat-alat interaktif juga dapat digunakan untuk menguhungkan basis data perusahaan dengan situs website, seperti mesin pencari, formulir aplikasi interaktif, email responden auto dan milis elektronik

PT. Tripatra yang berlokasi di INDY Bintaro Office Park – Building A Jalan Boulevard Bintaro Jaya Blok B7/A6 Sektor VII CBD Bintaro Jaya Tangerang Selatan,  merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang engineering, procurement, dan construction (EPC) pada sektor minyak dan gas. PT. Tripatra telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1973. PT. Triparta menyediakan layanan operation dan maintenance service, dan juga bekerja sama dengan PT. Sea Bridge Shipping Indonesia (SBS) dan PT. Cotrans Asia Indonesia, menyediakan layanan pengiriman batu bara dan layanan transshipment. Lebih dari 40 tahun PT. Tripatra membentuk track record yang baik diantaranya yaitu, memberikan solusi yang terbaik dan dapat di andalkan bagi klien pada bidang kebutuhan infrastuktur dan logistik di sektor minyak dan gas.

Pada saat ini PT. Tripatra masih mengaplikasikan sistem rekrutmen secara manual, yaitu para calon pelamar pekerjaan datang langsung atau mengirimkan email  untuk menyerahkan persaratan-persyaratan yang di butuhkan kepada pihak rekrutment pada PT. Tripatra.  Dengan semakin berkembangnya perusahaan, PT. Tripatra, semakin membutuhkan teknologi yang dapat mendukung proses rekrutmen pada perusahaannya.

Oleh karena itu, berdasarkan latar belakang di atas maka di buatlah aplikasi basis data berbasiskan website yang akan membantu untuk melakukan rekrutmen karyawan baru sehingga proses yang di lakukan perusahaan lebih efisien.


Published at :
Written By
Evaristus Didik Madyatmadja, ST., M.Kom., M.T
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close