People Innovation Excellence

PERMASALAHAN KEGIATAN PEGAWAI PADA BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI(BPPT)

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) adalah lembaga pemerintah non-departemen yang berada dibawah koordinasi Kementerian Negara Riset danTeknologi (Kemenristek) yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengkajian dan penerapan teknologi. Salah satu unit yang ada di BPPT adalah Pusat Manjemen Informasi (PMI).

PMI mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan data dan informasi, sistem dan jaringan, standarisasi dan akreditasi, dan pengelolaan perpustakaan.

Fungsi PMI:

  1. Pengelolaan data dan informasi.
  2. Pengelolaan sistem dan jaringan informasi.
  3. Perancangan, perumusan dan penerapan standarisasi dan akreditasi.
  4. Pengelolaan perpustakaan.
  5. Pelaksanaan urusan tata usaha PMI.

Di dalam PMI terdiri dari empat bidang antara lain Manajemen Applikasi E-Government, InfrastrukturOrganisasi, Manajemen Pengetahuan dan Perpustakaan serta Pelayanan Standarisasi. Bidang Manajemen Aplikasi E-Government mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan data dan menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyiapan bahan kompilasi produk teknologi, evaluasi dan pemutakhiran data serta penyajian dan penyelenggaraan administrasi basis data dan informasi.
  2. Pengelolaan, pembaruan dan pengembangan data dan informasi kegiatan dan produk secara elektronik.

Bidang Manajemen Aplikasi E-Government memiliki dua subbidang yaitu Subbidang Pengembangan Aplikasi E-Government dan Subbidang Manajemen Penyajian Data dan Informasi. Subbidang Pengembangan Aplikasi E-Government memiliki tugas untuk melakukan penyebaran, pembaruan dan pengembangan data dan informasi kegiatan secara elektronik.

Data yang dikelola adalah data internal pada BPPT yang salah satunya adalah data absensi pegawai. Data tersebut diperoleh dari seluruh pegawai BPPT dari mesin absensi yang terdapat di setiap unit. Pegawai BPPT yang berjumlah lebih dari 3.000 pegawai menghasilkan data absensi yang besar setiap harinya. Kemudian data absensi akan dilaporkan setiap bulan kepada pejabat. Penyimpanan data absensi dan data pegawai berada pada platform basis data yang berbeda yaitu Microsoft SQL Server dan MySQL. Perbedaan platform basis data tersebut membutuhkan penanganan khusus dalampengelolaan dan pembuatan laporan data absensi setiap bulannya. Oleh karena itu, diperlukan suatu platform baru yang dapat mensinkronisasi platform yang berbeda dan memudahkan dalam pembuatan laporan. Pada saat yang bersamaan sistem yang berjalan belum dapat menampilkan data rekapitulasi persentase absensi. Data tersebut dibutuhkan oleh eksekutif sebagai bahan pertimbangan pengeluaran gaji pegawai yang tertulis dalam peraturan kepala (Perka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 1 Tahun 2013. Perka menetapkan bahwa persentase absensi yang berada dibawah 76% memerlukan persetujuan pejabat agar gaji pegawai dapat dikeluarkan. Untuk itu, laporan membutuhkan persentase absensi sebagai bahan pertimbangan bagi pejabat.

Untuk menangani masalah-masalah tersebut, bidang Manajemen AplikasiE-Government telah menyiapkan tools yaitu Oracle Database 11g, Informatica 9.0.1 Hotfix 2, Datawarehouse Administration Console (DAC), Oracle WebLogic Server 11g Release 1, Oracle Business Intelligence Application (OBIA) dan Oracle Business Intelligence Enterprise Edition 11g. Akan tetapi, penerapan dan penggunaan tools tersebut belum optimal karena belum ada yang mengembangkannya. Dengan demikian, penyusunan skripsi ini membahas perancangan data mart absensi pegawai menggunakan tools yang telah tersedia.

 


Published at :
Written By
Evaristus Didik
Concentration & Content Coordinator | School of Information System sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close