School of Information Systems

Mengenal E- Learning lebih dalam

Sering kali para pengajar dan kutubuku enggan membawa buku untuk membaca serta mengajar sekedar mengisi waktu luang atau dalam kegiatan mengajar.  seiring perkembangan zaman, orang orang bersaing mengembangkan teknologi terbaru yang dapat mempuaskan hasrat para pengguna teknologi sehingga para pembaca dapat lebih praktis dalam membaca dan mengajar .

E- Learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.  Salah satu media teknologi yang digunakan adalah komputer yang dikombinasikan dengan jaringan komputer sehingga memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk web, sehingga jaringan membaca ataupun mengajar akan lebih luas menggunakan internet. Penyajian e – learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif dikarenakan sistem e – learning ini tidak memiliki batasan akses, ini yang memungkinkan para pembaca serta para pengajar akan lebih banyak waktu dalam melakukan proses ngajar mengajar.

E- Learning mempunyai 4 karateristik yang terdiri dari

  1. Memanfaatkan beberapa teknologi canggih elektronik, dimana para pembaca dan  pengajar dapat berkomunikasi dengan mudah tanpa harus dibatasi dengan hal – hal bersifat protocol
  2. Memanfaatkan keunggulan Smartphone dan komputer serta perangkat dan jaringan perangkat lainnya.
  3. Menggunakan artikel atau materi yang bersifat sederhana atau hasil buatan sendiri yang dapat disimpan di komputer atau flasdisk sehingga dapat diakses oleh pembaca maupun pengajar kapan saja dan dimana saja yang bersangkutan bilamana membutuhkan dengan dukungan dari jaringan internet
  4. Memanfaatkan hasil artikel, jurnal, maupun buku yang berkaitan dengan apa yang ingin dibaca oleh user, dan dapat dilihat setiap saat di smartphone maupun dikomputer.

Dalam penggunaan e – learning masih ditemukan beberapa kelebihan dan kekurangannya,yaitu

Kelebihan menggunakan e – learning adalah dapat diakses dengan adanya internet, mudah, kapan saja dan dimana saja. Kemudian para pembaca dapat mereview berulang ulang kali, lebih simple dan tidak berat berpergian kemana mana.

Dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan, berikut kekurangan e – learning

Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet (dimungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer) dan kurangnya penguasaan komputer.

Jadi kamu para pecinta buku atau pelajar, berani menggunakan e-learning.

Sugiarto Hartono