School of Information Systems

Kelebihan menggunakan E- Banking

Ditengah ramainya hirup pikuk kota membuat kita untuk lebih cepat dalam mengambil sebuah keputusan sehingga dapat menghemat waktu maupun financial. banyaknya tranksaksi penjualan mengundang beberapa orang untuk berinovasi lebih untuk menciptakan karya baru yang dapat berguna dan bermanfaat bagi customer. Dirilis pada 2007 oleh Bank Indonesia, E- Banking atau dengan kata lain Internet Banking,  hadir kemasyarakat untuk membantu proses tranksaksi maupun pembayaran dengan proses cepat dan mudah. Beberapa bank sudah menerapkan E – banking antara lain Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BII, Lippo Bank, Permata Bank. Dengan menerapkannya E- Banking. Founder bank yakin bahwa dapat menekan penggunaan uang tunai dalam melakukan tranksaksi. Kemudian dengan adanya E – Banking dapat memudahkan dan memanjakan customer melakukan sejumlah tranksaksi seperti melakukan Transfer, pembayaran tagihan, pembelian pulsa dan lain sebagainya.

Kelebihan E- Banking dalam melakukan pembayaran adalah dapat diakses dimana saja dan kapan saja menggunakan Smartphone maupun Laptop.

Apa saja kelebihan pembayaran melakukan internet banking ?

  1. Menghemat waktu dalam melakukan tranksaksi
  2. Dapat melakukan tranksaksi dimana dan kapan saja
  3. Tidak perlu antri di Bank maupun Atm
  4. Tinggal Klik dan selesai melakukan tranksaksi
  5. Banyak bonusnya menggunakan E- Banking
  6. Tidak perlu Bayar parkir, bagi yang menggunakan kendaraan.

Jadi gampang bukan melakukan tranksaksi menggunakan E- banking, tetapi setiap kelebihan pasti mempunyai kekurangan dari sistem internet banking, berikut kekurangan yang harus kamu waspadai

  1. Sering Terjadi Gagal Tranksaksi dikarenakan Internet yang kurang stabil
  2. Rawan Pembobolan dikarenakan nasabah tidak menyimpan Pin akses dengan baik
  3. Target dari beberapa orang – orang yang tidak bertanggung jawab, seperti cyber crime dan Hacker

Beberapa kekurangan diatas dapat anda hilangkan dengan cara lebih teliti dan pintar dalam menggunakan Internet Banking, jika anda tidak teliti maka penyesalan dapat mengikuti anda. Jadi tidak perlu takut lagi menggunakan E – Banking.

jadi E- banking sangat perlu digunakan disetiap tranksaksi anda , tidak perlu uang tunai dan tidak usah membuang waktu untuk ngantri Dibank atau Atm, tinggal klik dari smartphone atau komputer anda lalu beres.

Sugiarto Hartono