School of Information Systems

Technopreneur

Technopreneur merupakan penggabungan dari dua kata yaitu teknologi dan entrepeneur. Yang artinya, technopreneur mengandung makna tentang bagaimana cara pemanfaatan teknologi yang sedang berkembang pesat untuk dijadikan sebagai peluang usaha.

Karena untuk entrepreneur itu sendiri mengandung arti sesesorang atau badan usaha yang mengelola usaha dengan keberanian untuk mengambil resiko guna mencapai keuntungan dengan mengindentifikasi peluang yang ada. Teknologi sekarang menjadi salah satu peluang yang ada.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa technopreneur itu adalah Entrepreneur yang mengoptimalkan berbagai potensi perkembangan teknologi yang sedang berkembang.

 

Apa saja usaha Technopreneur? Dilihat dari pengertiannya memang technopreneur merupakan pengelolaan usaha dengan menggunakan basis teknologi.

Usaha yang meliputi seseorang technopreneur adalah pengelola yang bergerak dibidang pembuatan Hp, Smartphone, Gadget, laptop, dan alat teknologi canggih lainnya. Pengusaha Technopreneur juga bisa dikatakan sebagai pengusaha yang memanfaatkan teknologi sekarang. Contohnya pengelola meningkatkan mutu operasional, mutu service dan mutu pemasaran menggunakan teknologi terbaru.

Contoh tokoh technopreneur yang sukses menggabungkan teknologi dan kegiatan entrepreneurship antara lain Bill Gates dengan Microsoft, Steve Jobs dengan Apple, Inc., Soichiro Honda dengan Honda.

Dunia teknologi yang sedang menggeliat saat ini, dengan perkembangannya yang tentu saja berkembang di seluruh penjuru dunia, menjadi peluang yang sangat patut diperhitungkan dan patut dicoba. Oleh karena hal tersebutlah dan ditambah dengan globalisasi serta inovasi teknologi memang seharusnya memaksa perusahaan untuk mengubah haluannya menjadi lebih canggih, modern dan sesuai dengan tuntutan pasar saat ini yang mengedepankan efisiensi dan efektivitas yang bisa didapatkan.banyaknya referensi yang tersedia juga di internet bisa juga menciptakan inovasi produk berupa barang/jasa yang belum ada

Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI