People Innovation Excellence

Tata Krama serta etika Dalam Penggunaan jejaring Sosial

Jejaring sosial kini tak hanya dikenal sebagai lokasi untuk eksis di dunia online. Akan tetapi Jejaring sosial kini pun bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mendapatkan informasi, berbagi keluh kesah maupun sebagai memperluas jaringan teman.

Tak jarang, berkat jejaring sosial, kampanye sosial pun bisa dilaksanakan dengan sukses. Namun sungguh disanyangkan, tak sedikit pula orang yang menggunakan jejaring sosial terkena imbas buruk dari segelintir orang yang bersikeras memecah belah bangsa.

Melihat fenomena yang sedang tejadi saat ini penggunaan jejaring sosial di Indonesia, cukup memperhatinkan, ada banyak kasus yang memperlihatkan bagaimana etika dan tata karma berbicara terhadap sesama pengguna jejaring sosial  yang kurang diperhatikan oleh para pengguna jejaring sosial di Indonesia.

Contoh kasus yang terbaru – baru ini terjadi  adalah seseorang aparat kepolisian yang mendapatkan cibiran dan cemooh dari para netizen tanah air. Banyak cemoohan dan cibiran itu terjadi karena polisi tersebut menuliskan kata-kata yang tak pantas kepada salah seorang pengguna Facebook. Dan kasus seperti ini pun bukan pertama kalinya terjadi. Beberapa kasus serupa pernah pula menimpa pengguna jejaring sosial lainnya.

Tidak dapat dipungkiri lagi jejaring sosial pun juga digunakan sebagaian orang untuk menyebar kebencian terhadap pemerintah, menyebarkan isu – isu yang belum jelas terjadi, menyebarkan isu SARA yang berdampak bagi masyarakat sehingga terjadi pecah belah antar umat beragama, suku maupun ras yang ada diIndonesia.

Jejaring sosial juga sering kali digunakan sebagai ajang promosi serta sebagai penyebaran kebencian yang ditunjukan untuk orang – orang tertentu.

Intinya, etika dan tata krama saat berkomunikasi antar sesama di jejaring sosial sangat dibutuhkan oleh para pengguna internet di Indonesia.

Terlebih saat ini jejaring sosial memberikan kebebasan untuk bisa berinteraksi lebih dengan orang asing dan tidak pernah kita kenal sebelumnya.

Fasilitas yang diberikan oleh jejaring sosial pun semakin canggih. Kini kita dapat berkomunikasi langsung dengan orang lain lewat telepon gratis dan kita juga dapat bertatap muka langsung lewat video call secara gratis.

Oleh karena itu, mari gunakan jejaring sosial lebih bijak lagi, lebih beretika lagi, dan lebih cerdas lagi dalam berkomunikasi antar sesama pengguna.

 


Published at :
Written By
Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close