People Innovation Excellence

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA PT. XYZ

ABSTRAK

Tujuan penelitian dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan serta merancang sistem informasi akuntansi, khususnya pada proses siklus penggajian dalam PT. XYZ yang dapat membantu mengatasi permasalahan pada proses penggajian serta mendukung proses kinerja pada perusahaan. Metode perancangan yang telah dilakukan adalah dengan menggunakan metode analisis dan perancangan berbasis objek (OOAD) dengan mengacu pada Unified Modelling Language (UML). Analisis yang dilakukan dengan mengamati proses penggajian yang sedang berjalan dan struktur organisasi perusahaan untuk mengetahui bagian-bagian yang berkaitan langsung dengan proses penggajian. Hasil yang dicapai ialah menghasilkan sebuah sistem aplikasi berbasis desktop windows yang dapat membantu kegiatan penggajian. Khususnya dalam pendokumentasian pengajuan formulir oleh karyawan dan penyimpanan data transaksi penggajian, serta menghasilkan laporan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sistem aplikasi penggajian yang dirancang ini diharapkan dapat membantu PT. XYZ dalam melakukan aktivitas penggajian, kepegawaian dan pengintegrasian data yang dibutuhkan dalam proses penggajian serta dapat memenuhi kebutuhan pihak manajemen guna mendukung proses pengambilan keputusan. (LK)

 

Kata Kunci: Sistem informasi akuntansi, Siklus penggajian, OOAD

Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang semakin pesat khususnya Teknologi Informasi yang semakin banyak dikembangkan dan dimanfaatkan. Hal ini merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan kemampuan perusahaan menghadapi ketatnya persaingan dalam dunia bisnis. Kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat menyebabkan sebuah perusahaan perlu didukung dengan Sistem Informasi Akuntansi yang baik dengan tujuan untuk menangani dan mencatat setiap transaksi dalam perusahaan. Menurut Dunia (2013:139), penyusunan atau pembuatan sistem informasi akuntansi merupakan sebuah hal yang kompleks bagi kebanyakan perusahaan, dengan alasan bahwa sistem akuntansi ini harus dirancang secara khusus untuk setiap perusahaan, karena perbedaan dalam kebutuhan informasi manajemen, jenis-jenis dan jumlah transaksi yang dicatat, dan kebutuhan informasi dari pemakai eksternal atas laporan keuangan.

Proses penggajian merupakan bagian penting dalam ritme perusahaan yang memerlukan ketelitian dalam penempatan, penggolongan, pencatatan serta pembayaran. Menurut  Mahajan, Shukla, dan Soni (2015:67), penggajian merupakan operasi yang sangat penting untuk melakukan pembayaran gaji karyawan yang akurat dan tepat waktu. Maka pentingnya sebuah perusahaan memiliki sebuah sistem informasi akuntansi penggajian yang baik, sehingga pembayaran gaji dapat dilakukan dengan akurat dan tepat waktu untuk karyawan .

Sistem informasi akuntansi pada proses penggajian merupakan faktor penting yang ada dalam perusahaan karena sistem informasi akuntansi penggajian dapat membantu perusahaan dalam melakukan proses penggajian serta membantu perusahaan dalam meningkatkan pengendalian internal sehingga terhindar dari kecurangan, penyalahgunaan maupun kesalahan yang dapat merugikan. Menurut  Damayanti, Dwiatmanto, & Azizah (2015:2), adanya sistem akuntansi penggajian dan pengupahan dimaksudkan untuk memperlancar proses pemberian gaji dan upah agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Ketika perusahaan tidak memiliki sistem penggajian yang baik, maka penyelewengan atau penyimpangan akan sangat mungkin terjadi. Terdapat keuntungan dalam sistem informasi akuntansi penggajian secara terkomputerisasi dibandingkan dengan penggajian secara manual, seperti yang dijelaskan menurut Mahajan, Shukla, dan Soni (2015:69) faktor kecepatan pada penggajian secara terkomputerisasi menghasilkan laporan yang lebih cepat dari sistem penggajian secara manual serta faktor efisiensi dan faktor data proses menghasilkan waktu yang lebih efisien dan data proses yang berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan sistem penggajian secara manual.

Terdapat kendala yang dihadapi oleh PT. XYZ dalam proses penggajian. Perlunya sistem informasi penggajian yang terkomputerisasi dan terintegrasi, sehingga perusahaan akan mampu mempercepat pengelolaan data dan menghasilkan laporan yang cepat dan akurat yang membuat pihak manajemen bisa mengambil keputusan dengan cepat. Selain itu, sistem informasi penggajian dapat meningkatkan kinerja dan mampu mengatasi kelemahan atau kendala yang terjadi pada sistem informasi penggajian pada PT. XYZ.


Published at :
Written By
Joni Suhartono
Subject Content Coordinator | School of Information System sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close