People Innovation Excellence

Sisi Gelap Teknologi Informasi (1)

Pekembangan dunia teknologi saat ini sangat pesat dan sangat membantu di kehidupan manusia secara umumnya.  Smartphone contohnya sangat memudahkan para pengguna untuk berkomunikasi baik secara tatap muka melalui video call ataupun melalui chatting (pesan), kirim dan menerima email dan juga menggunakan pekerjaan ringan lainnya dapat di kerjakan Karena banyak fitur yang ada.  Dapat dibayangkan sebuah alat komunikasi yang membantu manusia dalam bersosialisasi ternyata bisa atau dapat digunakan untuk sebagai senjata membunuh sesama seperti yang dilaporkan oleh IFRC (International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies) dalam laporannya tahun 2015 yang dimasukkan dalam kategori Technology Disaster.

 Sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2013 di berapa negara negara di Afrika yang mengemukakan tentang perkembangan mobile phone dinegara negara Afrika sangat substansial dan significant namun perkembangan tersebut juga ternyata meningkatkan juga terjadinya dampak konfik wilayah seperti yang ditulis oleh (Hollenbach dan Pierskalla, 2013). Sebuah contoh gambaran nyata dari dampak buruk dari penggunaan Teknology (Smartphone) terjadinya pertempuran  di Syria penyebab terjadi adalah dikarenakan HACKERS dari kedua belah pihak menyebarkan berita video bohong (FAKE Video) dan berita tentang penyerangan (HOAX information) sehingga pertempuran terjadi yang menyebabkan korban jiwa (Railton, Regalado and Villeneuve, 2015).

Seorang individu yang mendengar dan melihat sebuah kejadian dapat menjadi pemicu terjadinya konflik, ini merupakan sebuah fenomea sosial dan informasi yang bergema luas karena kemampuan teknologi. Seorang direktur di Sudan menuliskan bahwa penggunaan mobile phone untuk menyebarkan informasi yang tidak hanya tidak terverivikasi tapi juga dapat di manipulasi. Contohnya sebuah video yang sudah lama terjadi yang menampilkan penghancuran desa yang kemudian disebarkan ulang menjadi pemicu terjadinya konflik berkelanjutan dan menimbulkan rasa takut.

Lain lagi halnya penggunaan Smartphone yang menciptakan bentuk lain dari abuse yang telah terjadi dan berdampak pada orang dan krisis kemanusiaan.  Di Myanmar (Rohingya), teknologi video conference digunakan  sebagai alat untuk “Human Traffickers” yang menciptakan bentuk baru dari eksploitasi.  Perdagangan mengancam orang dari seluruh dunia, penculikan yang efektif, lalu menghubungi pihak keluarga di kota Sittwe untuk mendapatkan uang tebusan (Marshall, 2015).

Peningkatkan pelecehan terhadap anak anak secara online mengingkat di Philipina, yang mana pelecehan terhadap anak anak dapat dilakukan dari area yang sangat jauh walaupun secara kasat mata anak tersebut tidak meninggalkan rumah.

Laporan lainnya juga menyebutkan banyak terjadinya kecelakaan kendaraan di Korea Selatan yang menyebabkan korban jiwa juga dikarenakan penggunaan mobile phone pada saat berkendaraan. Oleh sebab itu penggunaan Smartphone yang mempunyai kemampuan untuk membuat seseorang menjadi lebih nyaman dalam berkegiatan sebaiknya dilengkapi juga dengan pengetahuan atau kemampuan dalam penggunaanya sehingga media atau alat komunikasi tersebut dapat digunakan dengan bijaksana dan tepat sasaran.  (Suryandi)

(Source : http://ifrc-media.org/interactive/world-disasters-report-2015/)

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close