People Innovation Excellence

Sisi gelap Teknologi Informasi (3)

Infrastruktur merupakan pendukung utama dalam komunikasi penggunaan smartphone tanpa adanya infrastruktur yang memadai maka fungsi dari smartphone dapat dikatakan tidak berfungsi dengan baik.

Source : http://www.thewindowsclub.com/mobile-phones-health-hazards

Tower (antenna) yang bertebaran di kota kota terutama kota besar sangat dibutuhkan untuk menunjang pengguaan smartphone pada kota tersebut.  Namun dibalik cerita indah tersebut terdapat dampak negative yang harus juga dirasakan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Indian Thermal analysis Society (ITAS) untuk mengexplore kemungkinan adanya hubungan yang kuat antara frequensi yang dihasilkan dari tower yang menyebabkan kanker, dan telah ditemukan 3 kasus kanker di gedung yang terletak berseberangan dengan Tower tersebut.  Berdasarkan case study yang dilakukan oleh ITAS penduduk yang tinggal di sekitar radius 50 – 300 meter dari tower antena merupakan area yang paling tinggi terdampak yang dikarenakan radiasi electromagnetic yang dihasilkan.

Penelitan lainnya yang dilakukan oleh Building Biology Institute di Jerman, yang mengatakan bahwa apapun yang berada di range 10 Micro Watt per meter square akan menimbulkan dampak terhadap biological cell di semua hidup seperti binatang, tumbuhan dan juga manusia.  Banyak peneliti dan ilmuan yang mengatakan bahwa radiasi elektromaknetik yang dihasilkan dari signal radio akan meningkatkan resiko kanker dari orang yang menggunakan cell phones terutama anak anak.

Beberapa temuan yang berdampak pada kesehatan terhadap orang orang yang tinggal disekitar tower antenna adalah sebagai berikut :

  • Cancer
  • Tumor (Gliomas)
  • Dry Eye
  • Problem pada otot
  • Kerusakan otak

Kemampuan rasio daya serap  (Specifit Absorption rate/SAR) yang dikenal dengan rasio dari serap dari energi elektromagnetik yang dapat di serap oleh tubuh manusia ketika menggunakan cell phones dan alat lainnya yang menggunakan signal radio.

Limit penggunaan cell phone adalah 1.6 W/Kg (berdasarkan standard US), dimana total seseorang dapat menggunakan cell phone maksimum adalah 6 menit dengan margin error 3 maka untuk satu hari seseorang dapat menggunakan cell phone hanya sekitar 20 menit.

Yang akhirnya di beberapa negara memberikan persyaratan untuk mengharuskan menampilkan nilai SAR pada cell phone dan pada handsetnya yang mana pada beberapa negara masih mengabaikan hal ini dan belum menyadari adanya ancaman dari penggunaan cell phone yang akan berdampak tidak hanya pada kesehatan orang yang menggunakan juga pada mahluk hidup disekitarnya karena terpapar langsung oleh gelombang signal radio yang dihasilkan.  (Suryandy)

Source : http://www.thewindowsclub.com/mobile-phones-health-hazards


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close