People Innovation Excellence

Perkembangan Jaringan Komunikasi Dari Waktu Ke Waktu

Tidak bisa dipungkiri lagi perkembangan handphone dari zaman ke zaman membuat  kita tertatap diam dan terkagum kagum melihat perkembangan yang dihasilkan terjadi.

Dari awal mula handfone  menggunakan  Jaringan 1G pertamakali ditemukan di tahun 1980 ketika AMPS di Amerika bekerjasama dengan TACS dan NMT di Eropa membuat terobosan di teknologi jaringan.

Setelah 1G, berkembang kemudian menjadi teknologi jaringan 2G yang paling banyak digunakan saat ini berupa GSM (global System for Mobile). GSM beroperasi pada frekuensi 900, 1800 dan 1900 MHz. GSM juga mendukung komunikasi data berkecepatan 14,4 kbps.

sejarah GSM diawali dengan diadakannya konferensi pos dan telegraf di Eropa pada tahun 1982. Konferensi ini membentuk suatu study group yang bernama Groupe Special Mobile (GSM) untuk mempelajari dan mengembangkan sistem komunikasi publik di Eropa.

GSM yang saat ini digunakan sudah memasuki fase 2. Setelah 2G, lahirlah generasi 2,5 G yang merupakan versi lebih baik dari generasi kedua. Generasi 2,5 ini mempunyai kemampuan transfer data yang lebih cepat. Yang terkenal dari generasi ini adalah GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE.

Kemudian setelah 2,5G lahirlah terobosan baru yaitu Generasi 3 atau 3G yang menggunakan teknologi CDMA yang merupakan teknologi terbaru dalam dunia seluler. CDMA digunakan pertama kali pada tahun 1995. Pada 2003 CDMA sudah terdapat 100 juta pelanggan yang menggunakan teknologi ini di seluruh dunia.  Generasi ini lebih dikenal dengan sebutan UMTS (Universal Mobile Telecommunication System) atau WCDMA (Wideband – Coded Division Multiple Access). Kelebihan generasi terbaru ini terletak pada kecepatan transfer data yang mencapai 384 kbps di luar ruangan dan 2 Mbps untuk aplikasi indoor. Selain itu, generasi ini dapat menyediakan layanan multimedia seperti internet, video streaming, video telephony, dan lain-lain dengan lebih baik.

Setelah adanya generasi ke 3 baru baru ini, tren komunikasi seluler mulai beralih kepada generasi 4G dan 4GLTE yang ditemukan oleh Prof. Dr. Khoirul Anwar pada tahun 2008 dan dirilis pertama kali diswedia sejak 2009 dan diperkenalkan di negeri kita tercinta sejak awal 14 November 2013 oleh PT Internux dengan merek dagang yang sering kita dengar adalah BOLT Super 4G LTE.

Sistem 4G menyediakan solusi IP yang komprehensif di mana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan di mana saja yang mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi, jika dibandingkan data 4G sangat baik dibanding generasi adiknya terdahulu.


Published at :
Written By
Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close