School of Information Systems

Penerapan CMMI di Lockheed Martin Management & Data Systems (M&DS)

       Capability Maturity Model Integration atau CMMI merupakan pendekatan perbaikan proses yang memberikan unsur penting proses efektif bagi organisasi. Praktik terbaik CMMI dipublikasikan dalam dokumen-dokumen yang disebut model, yang masing-masing ditujukan untuk berbagai bidang yang berbeda. Salah satu perusahaan yang telah menerapkan CMMI adalah Lockheed Martin Management and Data Systems.

Lockheed Martin Management & Data Systems (M&DS) menyediakan layanan untuk system integration, system engineering, software development, dan program management kepada defense, civil, international, dan commercial customer. M&DS merupakan unit dari Lockheed Martin Corporation yang bernilai $2.3 miliar dengan jumlah karyawan sebanyak 9000 orang dan bertempat di Pennsylvania, Arizona, California, Colorado, dan Washington DC.

            M&DS telah menjalankan process improvement selama lebih dari 10 tahun. Mereka telah mencapai level 2 untuk SW-CMM pada tahun 1993. Software dan system engineering mereka telah terintegrasi secara turun temurun. M&DS mendirikan foundation dalam bidang system engineering pada awal tahun 1990an. Pada tahun 2000, M&DS telah mencapai level 5 untuk System Engineering (SE-CMM) dan SW-CMM. 18 bulan berikutnya (yaitu pada tahun 2002) mereka telah mencapai CMMI level 5.

            Perjalanan dari SW-CMM level 2 menjadi CMMI level 5 selama kurun waktu 1995 – 2002 telah dilaksanakan oleh M&DS dengan senantiasa melakukan continuous improvement. Berdasarkan dokumentasi M&DS, perusahaan ini telah mengalami penurunan 4.5% pada overhead rate. M&DS bisa mendapatkan persentase biaya penghargaan yang lebih besar selama bertahun – tahun (55% lebih besar ketika mereka masih mencapai SW-CMM level 2).

            Perusahaan ini juga mengimplementasikan sejumlah rancangan metodologi yang berkaitan dengan engineering, serta tools yang digunakan dan process initiative. M&DS juga berfokus terhadap perbaikan kualitas proses seperti identifikasi kekurangan, pencegahan dan menghilangkan kualitas yang tidak baik. Dampak dari penerapan CMMI bagi M&DS yaitu peningkatan software productivity sebesar 30%, penurunan biaya untuk unit software sebesar 20%, dan penurunan biaya sebesar 15% untuk menemukan dan memperbaiki kekurangan pada kualitas.

Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI