People Innovation Excellence

Implementasi SAP di Mazda Motors Russia Ltd.

Cabang Russia dari Mazda menggunakan sistem yang tidak memenuhi standar perusahaan utama. Tidak cuma itu, kurangnya transparansi membuat proses pengambilan keputusan menjadi sangat sulit. Karena itu, Mazda Russia melakukan proyek dengan tujuan :

  • Mengimplementasikan model bisnis yang bersatu dengan kantor pusat berdasarkan modul – modul SAP
  • Mendapatkan laporan yang terkonsolidasi sesuai dengan standar perusahaan
  • Mempersatukan modul – modul logistik dan chart of accounts
  • Mengintegrasikan modul – modul SAP dengan sistem – sistem dari luar

Dalam proyek roll-out ini, Mazda Russia dan ALPE Consulting mengimplementasikan 3 modul SAP, yaitu modul Financial Control (FI), Material Flows Control (MM), dan Sales Control (SD). Implementasi dilakukan menggunakan metodologi ASAP (Accelerated Systems Application and Products in Data Processing). ALPE Consulting berperan dalam menciptakan skema interaksi dari semua area kerja disertai dengan realisasi dan pengetesan sesuai dengan keperluan tiap user.

Ada beberapa masalah dan kesulitan yang ditemui dalam proyek ini. Banyaknya sistem dari luar yang perlu diintegrasikan ke SAP, disertai dengan batasan – batasan perusahaan yang mengurangi kemampuan untuk membentuk IT landscape menjadi halangan utama dalam proyek ini. Tidak cuma itu, perlunya pengkoordinasian prosedur – prosedur dalam proyek dengan kantor pusat menghambat proses implementasi.

Pada akhir proyek, semua modul yang direncanakan telah berhasil diimplementasikan. Hasilnya adalah integrase antara sistem – sistem dari luar dengan modul – modul SAP, pelaporan yang terkonsolidasi yang sesuai dengan standar kantor pusat, serta penyatuan modul – modul logistik dan chart of accounts dengan kantor pusat.

Sumber : http://alpeconsulting.com/clients/success-story/automakers-mazda/

 


Published at :
Written By
Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close