People Innovation Excellence

Proses penggajian dan Salary Grade

Sistem Penggajian dan Salary Grade

Tujuan seseorang bekerja, selain ingin bermanfaat, berguna, mengembangkan ilmu, mencari pengalaman, tentu saja mendapatkan bayaran atau upah yang biasa disebut dengan gaji. Dalam perusahaan, pemberian gaji kepada pegawai tentu tidak sembarangan. Gaji sebagai kompensasi diberikan setiap bulan dengan nilai tertentu atas beberapa dasar atau alasan.

Pertama, kesesuaian dengan beban tugas dan tanggung jawabnya yang diberikan padanya, disesuaikan dengan tingkat pendidikan pegawainya tersebut, lamanya bekerja di perusahaan dengan hitungan hingga belasan tahun, kesesuaian dengan UMR untuk jabatannya, serta prestasinya selama ini bagaimana dan apa saja yang sudah diberikannya bagi perusahaan.

Berikut deskripsi HR :

  1. Kompetensi Soft Skills dan Hard Skills

Komptensi lengkap dengan levelingnya, baik untuk soft competencies dan beragam hard competencies (antara lain functional competency untuk bidang SDM, Keuangan, IT, Procurement dan lain-lain). Tools ini bisa langsung digunakan sebagai basis untuk mengukur dan mengembangkan level kompetensi SDM di kantor.

  1. Employee Satisfaction Survey – Kuesioner dan Laporan Lengkap Survei Kepuasan Karyawan

Dalam tools ini terdapat satu set kuesioner lengkap yang langsung bisa digunakan dalam kegiatan pengukuran level kepuasan karyawan. Laporan lengkap Hasil pengukuran Survei Kepuasan Karyawan dapat digunakan sebagai referensi dan benchmark saat akan dilakukan secara nyata survei kepuasan karyawan di kantor Anda.

  1. Dua Set Lengkap Instrumen Assessment Center

Dua set instrumen pengukuran yang biasa digunakan dalam assessment center untuk mengukur level kompetensi karyawan. Satu set untuk karyawan level manajer. Dan satu set untuk karyawan level supervisor.

  1. Program Strategis Departemen HRD

Templates ini menyajikan secara riil program HRD yang komprehensif, hasil yang diharapkan dari setiap program, serta timeline pelaksanaannya. Template Program HRD ini benar-benar aplikatif, dan langsung bisa digunakan sebagai acuan bagi Departemen HRD dalam menyusun program jangka pendek dan jangka panjangnya.

  1. Matriks Training Plan dan Silabus Lengkap Training

Dalam tools Training Plan yang lengkap – berisikan judul-judul pelatihan yang harus diberikan pada setiap jenjang karyawan – mulai dari staf hingga level senior manajer. Topik pelatihan mencakup tema soft skills dan functional skills untuk beragam bidang antara lain bidang pemasaran, keuangan, HRD dan lain-lain.

  1. Daftar Pertanyaan Competency-based Interview

Competency-based Job interview terbukti merupakan metode wawancara terbaik untuk memprediksi potensi dan kinerja kandidat di masa mendatang. Tools ini berisikan serangkaian pertanyaan valid yang berbasis pada kompetensi dan perilaku (behavior-based interview).

  1. Tabel Salary Grade dan Skala Compensable Factors

Tools ini berisikan skala compensable factors – atau skala faktor penentu besaran gaji yang lazim digunakan dalam proses penentuan job grading. Definisi detail setiap faktor diuraikan, dan kemudian dijelaskan pula definisi untuk setiap skala compensable factors.

  1. Katalog KPI untuk Beragam Fungsi dalam Organisasi/Perusahaan

Katalog ini memuat beragam KPI (key performance indicators) yang lazim digunakan dalam penilaian kinerja karyawan. Daftar KPI mencakup untuk bidang HRGA, Keuangan, Produksi, Pemasaran, IT, Procurement, Audit, Sales, Maintenance, dan lain-lain.

  1. Template Form Performance Appraisal Berbasis KPI

Template ini berisikan format tabel performance appraisal berbasis KPI. Dalam tabel ini, disajikan secara detil contoh sasaran kinerja untuk posisi Manajer HRD, daftar key performance indicators untuk setiap sasaran kinerja, bobot KPI, dan penulisan angka target.


Published at :
Written By
I Gusti Made Karmawan,S.Kom.,MM
Subject Content Coordinator | School of Information Systems sis.binus.ac.id

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close