People Innovation Excellence

ERP Open Source Software : ERP Next

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai software ERP open source yang bernama ERP Next.

ERP Next adalah sebuah open source software ERP, dan merupakan aplikasi berbasis web untuk usaha kecil dan menengah untuk membantu mengelola inventori, penjualan, pembelian, administrasi, proyek, akuntansi, data pelanggan dan website.

Dalam software ini, saat pertama kali ingin mengakses, user harus membuat account terlebih dahulu dan setelah account dibuat kita akan diberikan domain berdasarkan id kita masing masing. Setelah itu akan diminta login seperti biasa untuk mengakses menu dari ERPNext. Setelah login berhasil akan diminta untuk melakukan pemilihan bisnis ERP, apakah education, distribution, manufaktur, retail, atau service.

Gambar 1 : Pilihan business nature dalam software ERPNext

Jika sudah memilih maka akan keluar tampilan home dari ERPnext yaitu sebagai berikut:

Gambar 2 : Tampilan Home ERPNext untuk business nature “Education”

Kelebihan yang ditawarkan oleh ERPNext adalah User Interface yang fleksible karena bisa diganti sesuai keinginan, memiliki susunan yang simple serta mudah digunakan, dapat memilih jenis perusahaan di awal dan sistem akan menentukan secara otomatis fitur apa yang terdapat di sistem nantinya, dan dapat set value di awal sehingga lebih memudahkan kita dalam melakukan kegiatan. Aplikasi ERPNext juga menyediakan versi mobile application dan bisa diunduh pengguna via Google PlayStore.


Published at :
Written By
Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close