People Innovation Excellence

SEBERAPA JAUHKAH KITA SIAP MENGGUNAKAN CLOUD?

Hampir di setiap rapat atau diskusi yang diadakan oleh perusahaan yang sudah cukup matang penggunaan aplikasi SI/TI-nya, banyak obrolan yang mengarah apakah sudah saatnya mereka beralih ke Cloud dan mulai mereka-reka apakah ada manfaat nyata bagi perusahaan. Untuk bisa memanfaatkan Cloud sebenarnya merupakan sebuah proyek yang menantang. Karena sebagai sebuah teknologi yang baru, maka implementasinya memerlukan beberapa pertimbangan yang diantaranya tentu adalah pertimbangan resiko kegagalan.

Untuk itu mari kita perhatikan langkah yang sederhana secara bertahap melalui strategi yang biasa kita lakukan seperti definisi atau pengertian dasar, satuan pengukuran keberhasilan, analisis dan penjelasan lengkap.

Menentukan apa yang perlu kita Cloud-kan

Untuk memulainya adalah penting untuk menentukan apakah yang akan kita pindahkan ke Cloud: apakah bentuknya data, proses bisnis, atau keduanya. Ternyata ada banyak pilihan yang dapat diambil. Ada beberapa pilihan yang secara umum dapat dipilih untuk pindah ke Cloud dengan memperhatikan model provider-nya, yaitu:

  • Provider software-as-a-service (SaaS) yaitu memindahkan data organisasi kita ke Cloud dan selanjutnya provider ini yang menyediakan perangkat lunak yang kita butuhkan;
  • Provider platform-as-a-service (PaaS) yaitu provider yang menyediakan semua fasilitas kepada kita untuk mendukung semua daur proses pengembangan system;
  • Provider Infrastructure-as-a-service (IaaS) yang menyediakan infrastructure yang sangat terpadu pada Cloud seperti server, media penyimpanan, aplikasi, dll.

Jadi kita bisa melihat dan menganalisis beberapa pilihan yang bisa kita tentukan akan sesuai dengan kebutuhan kita. Perhatikan jenis sumber daya atau komponen utama sebelum kita pindahkan ke Cloud.

Mengukur resiko dan biaya

Yang perlu kita perhatikan lagi adalah seberapa pentingkah data atau proses bisnis yang akan kita pindahkan ke Cloud? Ini adalah pertanyaan yang harus dijawab sebelum kita menentukan kelayakan memindahkannya ke Cloud. Perhatikan bahwa data proses adalah penting dan sangat utama bagi organisasi kita. Kita perlu melakukan analisis dasar untuk sumber daya tersebut, misalnya resiko bahwa data tersebut terekspose ke masyarakat; resiko pihak ketiga yang ternyata mampu memanipulasi sumber daya tadi; resiko tidak mendapatkan hasil dari Cloud seperti yang diduga semula; resiko tidak memiliki sumber daya tertentu untuk waktu tertentu (misalnya sedang mengalami kerusakan), dsb.

Adalah sangat penting untuk menilai resiko ini secara serius terhadap semua sumber daya yang dimiliki organisasi.

Menganalisis kemungkinan yang ada

Setelah semua hal di atas dilakukan maka kita mulai melihat jenis Cloud apa yang paling sesuai untuk kita tentukan pemindahan sumber daya tertentu. Ada beberapa pilihan dan untuk menggalinya tergantung jenis sumber daya yang akan kita pindahkan ke Cloud apakah ke Cloud yang bersifat publik; Cloud yang bersifat pribadi; atau Cloud yang hybrid; dsb. Adalah sangat penting untuk mengetahui di awal apa yang ditawarkan dan kemungkinan untuk pindah ke Cloud.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang langkah-langkah yang layak dilakukan maka kita dapat menilai dan mengevaluasi potensial service provider yang ada. Kita evaluasi para provider itu dengan beberapa aspek umum misalnya: biaya, kepatuhan terhadap regulasi, dukungan dan layanan, jenis infrastruktur, teknologi dan keamanannya. Perhatian lebih harus diberikan pada para provider ini adalah menilainya pada strategi manajemen resikonya.

Penjelasan lengkap

Gambarkan aliran informasi semua komponen dari  infra struktur Cloud yaitu organisasi, layanan, semua node tambahan, atau apa saja yang perlu. Tahap ini sangat penting karena akan memberikan gambaran yang lengkap secara menyeluruh dari setiap tahap siklus informasi maupun gambaran kebutuhan nyata, criteria yang ditetapkan, serta hasil yang akan didapatkan. Dengan informasi ini dengan mudah kita bisa bersiap pindah ke Cloud.

Sudah tentu berhadapan dengan tantangan ini adalah sebuah tugas yang tidak mudah, namun dengan mengikuti tahapan seperti definisi atau pengertian dasar, satuan pengukuran keberhasilan, analisis dan penjelasan lengkap akan membantu kita untuk pindah ke Cloud.

Coba jawab beberapa pertanyaan berikut ini yang mungkin akan memberikan pengetahuan tentang manfaat Cloud Computing pada sebuah organisasi yaitu untuk apa? Dan apa tujuannya?

  • Apakah ingin meningkatkan kinerja?
  • Ingin lebih luwes dibandingkan metode komputasi tradisional?
  • Akan meningkatkan otomatisasi?
  • Meningkatkan kolaborasi dan mobility?
  • Tersedianya sumber daya yang tidak terbatas
  • Tidak ada manfaat apa-apa, saya pilih metoda komputasi yang lain saja.

Published at : Updated
Written By
Hudiarto
Concentration & Content Coordinator | School of Information System sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close