School of Information Systems

SOFTWARE TESTING

Software pengujian adalah proses mengeksekusi program atau aplikasi dengan maksud untuk menemukan bug dari suatu perangkat lunak yang dibuat.

  • Hal ini juga dapat dinyatakan sebagai proses validasi dan verifikasi bahwa program perangkat lunak atau aplikasi atau produk:
  • Memenuhi bisnis dan persyaratan teknis yang dipandu itu desain dan pengembangan
  • Bekerja seperti yang diharapkan
  • Dapat diimplementasikan dengan karakteristik yang sama.

Definisi Software pengujian

1) Proses: Pengujian adalah proses daripada aktivitas tunggal.

2) Semua Aktivitas Life Cycle: Pengujian adalah proses yang berlangsung sepanjang Lunak Development Life Cycle (SDLC).

  • Proses perancangan tes di awal siklus hidup dapat membantu mencegah cacat dari yang diperkenalkan dalam kode aplikasi . Kadang-kadang itu disebut sebagai “memverifikasi dasar pengujian melalui desain test”.
  • Dasar pengujian termasuk dokumen-dokumen seperti persyaratan dan spesifikasi desain.

3) Static Testing: Hal ini dapat menguji dan menemukan cacat tanpa mengeksekusi kode. Statis Pengujian dilakukan selama proses verifikasi. pengujian ini termasuk meninjau dokumen (termasuk kode sumber) dan analisis statis. Hal ini berguna dan cara efektif biaya pengujian. Sebagai contoh: meninjau, walkthrough, inspeksi, dll

4) Pengujian Dinamis: Dalam pengujian dinamis kode software dijalankan untuk menunjukkan hasil menjalankan tes. Ini dilakukan selama proses validasi. Sebagai contoh: unit testing, pengujian integrasi, pengujian sistem, dll

5) Perencanaan: Kita perlu merencanakan seperti apa yang ingin kita lakukan. Kami mengontrol kegiatan tes, kami melaporkan kemajuan pengujian dan status perangkat lunak yang diuji.

6) Persiapan: Kita perlu memilih apa pengujian yang akan kita lakukan, dengan memilih kondisi pengujian dan merancang uji kasus.

7) Evaluasi: Selama evaluasi kita harus memeriksa hasil dan mengevaluasi perangkat lunak yang diuji dan kriteria penyelesaian, yang membantu kita untuk memutuskan apakah kita telah selesai pengujian dan apakah produk perangkat lunak telah lulus tes.

8) Software produk dan produk kerja terkait: Seiring dengan pengujian kode pengujian persyaratan dan desain spesifikasi dan juga dokumen-dokumen terkait seperti operasi, pengguna dan materi pelatihan adalah sama pentingnya.

Pengujian perangkat lunak memiliki tujuan yang berbeda dan objectives. Tujuan utama dari pengujian perangkat lunak adalah sebagai berikut:

  • Menemukan cacat yang mungkin bisa dibuat oleh programmer ketika mengembangkan perangkat lunak.
  • Mendapatkan kepercayaan dan memberikan informasi tentang tingkat kualitas.
  • Untuk mencegah cacat.
  • Untuk memastikan bahwa hasil akhir memenuhi bisnis dan kebutuhan pengguna.
  • Untuk memastikan bahwa itu memenuhi BRS yang Spesifikasi Kebutuhan Bisnis dan SRS yang Kebutuhan Sistem Spesifikasi.
  • Untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dengan menyediakan produk yang berkualitas.

Software pengujian membantu menyelesaikan aplikasi perangkat lunak atau produk terhadap bisnis dan kebutuhan pengguna. Hal ini sangat penting untuk memiliki cakupan tes yang baik untuk menguji aplikasi perangkat lunak sepenuhnya dan membuatnya yakin bahwa itu bekerja dengan baik dan sesuai dengan spesifikasinya.

Sementara menentukan cakupan test cases, harus dirancang dengan baik dengan kemungkinan maksimum menemukan kesalahan atau bug. Uji kasus harus sangat efektif. Tujuan harus dapat diukur dengan jumlah cacat yang dilaporkan per kasus uji.

Sumber :

http://istqbexamcertification.com/what-is-a-software-testing/

JONI SUHARTONO