People Innovation Excellence

PRINCIPLES OF TESTING

Tujuh prinsip pengujian :

1) Pengujian menunjukkan adanya cacat: Pengujian dapat menunjukkan cacat yang hadir, tetapi tidak dapat membuktikan bahwa tidak ada cacat. Bahkan setelah pengujian aplikasi atau produk secara menyeluruh kita tidak bisa mengatakan bahwa produk tersebut adalah 100% bebas cacat. Pengujian selalu mengurangi jumlah cacat yang belum ditemukan yang tersisa dalam perangkat lunak tetapi bahkan jika tidak ada cacat yang ditemukan, itu bukan bukti kebenaran.

2) pengujian Exhaustive mungkin: Menguji segala sesuatu termasuk semua kombinasi input dan prasyarat tidak mungkin. Jadi, bukannya melakukan pengujian lengkap kita dapat menggunakan risiko dan prioritas untuk memfokuskan upaya pengujian. Sebagai contoh: Dalam sebuah aplikasi dalam satu layar ada 15 bidang input, masing-masing memiliki 5 nilai yang mungkin, maka untuk menguji semua kombinasi yang valid Anda akan perlu 30 517 578 125 (515) tes. Ini sangat tidak mungkin bahwa rentang waktu proyek akan memungkinkan untuk nomor ini tes. Jadi, mengakses dan mengelola risiko adalah salah satu kegiatan yang paling penting dan alasan untuk pengujian dalam setiap proyek.

3) pengujian awal: Dalam siklus hidup pengembangan perangkat lunak kegiatan pengujian harus dimulai sedini mungkin dan harus difokuskan pada tujuan yang telah ditetapkan.

4) Cacat pengelompokan: Sejumlah kecil modul berisi sebagian besar cacat ditemukan selama pengujian pra-rilis atau menunjukkan kegagalan yang paling operasional.

5) Pestisida paradoks: Jika jenis yang sama dari tes diulang lagi dan lagi, akhirnya set yang sama dari kasus uji tidak akan lagi dapat menemukan bug baru. Untuk mengatasi hal ini “Pestisida Paradox”, itu benar-benar sangat penting untuk meninjau kasus uji secara teratur dan tes baru dan berbeda harus ditulis untuk latihan bagian yang berbeda dari perangkat lunak atau sistem untuk berpotensi menemukan lebih banyak cacat.

6) Pengujian konteks tergantung: Pengujian pada dasarnya tergantung konteks. Berbagai jenis situs yang diuji berbeda. Misalnya, keselamatan – software kritis diuji berbeda dari sebuah situs e-commerce.

7) Tidak adanya – dari – kesalahan Kekeliruan: Jika sistem yang dibangun tidak dapat digunakan dan tidak memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna kemudian menemukan dan memperbaiki cacat tidak membantu

prinsip-prinsip lain yang perlu diperhatikan adalah:

  • Pengujian harus dilakukan oleh pihak independen.

Pengujian tidak boleh dilakukan oleh orang atau tim yang mengembangkan perangkat lunak karena mereka cenderung membela kebenaran program.

  • Menetapkan personil terbaik untuk tugas itu.

Karena pengujian membutuhkan kreativitas tinggi dan tanggung jawab hanya personil terbaik harus ditugaskan untuk merancang, melaksanakan, dan menganalisa uji kasus, data uji dan hasil tes.

  • Uji untuk kondisi input tidak valid dan tak terduga serta kondisi valid.

Program ini harus menghasilkan pesan yang benar saat tes tidak valid ditemui dan harus menghasilkan hasil yang benar ketika tes tersebut valid.

  • Jauhkan perangkat lunak statis selama tes.

Program ini tidak boleh diubah selama pelaksanaan set dirancang uji kasus.

  • Memberikan hasil tes diharapkan jika memungkinkan.

Sebuah bagian penting dari dokumentasi uji spesifikasi hasil yang diharapkan, bahkan jika memberikan hasil seperti tidak praktis.

Sumber :

http://istqbexamcertification.com/what-are-the-principles-of-testing/

http://www.testingexcellence.com/seven-principles-of-software-testing/


Published at :
Written By
JONI SUHARTONO
Subject Content Coordinator | School of Information Systems sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close